Kegiatan Komunikasi Storyteller Kelompok Dongeng Bengkimut

Gina Puspa Garini, Dadan Mulyana

Abstract


Penelitian ini membahas tentang Kegiatan Komunikasi Storyteller Kelompok Dongeng Bengkimut. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah mulai pudarnya teknik penyampaian dongeng di dunia anak-anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui komunikasi verbal dan nonverbal storyteller kelompok dongeng Bengkimut, serta mengetahui metode mendongeng yang digunakan saat program Jelajah Bandung. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 4 orang. Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa komunikasi verbal yang digunakan oleh pendongeng pada program Jelajah Bandung adalah pada saat memberikan instruksi, sedangkan komunikasi nonverbal dapat dilakukan dengan cara menggunakan artefak yang tersedia di tempat penjelajahan. Metode yang digunakan pendongeng pada program tersebut adalah metode eksplorasi, mengemukakan pendapat, pemberian penghargaan dan pemberian arahan dengan pendampingan.


Keywords


Kegiatan Komunikasi, Verbal, Nonverbal, Storyteller

References


Ekomadyo, Ike Junita. 2009. Prinsip Komunikasi Efektif: Untuk meningkatkan Minat Belajar Anak. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Morissan. 2013. Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Muhammad, Arni. 2009. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2680

Flag Counter   Â