Positioning PJTV sebagai Stasiun Televisi Lokal di Kota Bandung

Maya Ayu Savira, Dadi Ahmadi

Abstract


Skripsi ini berjudul “Positioning PJTV Sebagai Stasiun Televisi Lokal di Kota Bandung (Studi Deskriptif Dengan Data Kualitatif Mengenai Analisis SOSTAC pada Positioning PJTV dalam Mempertahankan Eksistensi di Tengah Persaingan Televisi Lokal di Kota Bandung)â€. Permasalahan yang diangkat mengenai Positioning yang dilakukan PJTV dalam mempertahankan eksistensinya di tengah persaingan televisi lokal di Kota Bandung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji Positioning yang dilakukan oleh PJTV, sehingga dapat membentuk pemirsa televisi lokal yang loyal terhadap PJTV. Berdasarkan hal tersebut maka penulis menggunakan analisis SOSTAC (Situation, Objectives, Strategy, Tactics, Actions dan Control) dalam menganalisis positioning yang dilakukan oleh PJTV sebagai stasiun televisi lokal di kota Bandung. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini, yaitu pada tahap situation PJTV menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dalam menganalisis situasi internal, eksternal dan pesaing. Pada tahap objectives, PJTV merumuskan tujuan perusahaan kedalam visi dan misi, serta target jangka panjang dan jangka pendek. Pada tahap Strategy, Positioning yang dilakukan PJTV menggunakan dua macam strategi promosi yaitu push strategy dan pull strategy. Positioning PJTV dituangkan dalam tagline stasiun televisinya yaitu, “Seratus Persen Lokal†yang dikomunikasikan melalui berbagai program siaran on air, kegiatan off air, dan kegiatan lainnya. Dalam tactics dan actions, PJTV menggunakan media promosi above the line dan below the line dalam pelaksanaan Positioning stasiun televisinya. Terakhir, pada tahap Control PJTV melakukan controling setiap hari pada setiap kegiatan perusahaan, sedangkan pengevaluasian positioning PJTV berupa rapat kerja bulanan dengan semua divisi.

 


Keywords


Media Massa, Positioning Televisi, Komunikasi Pemasaran, Anasisis SOSTAC

References


Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan, Pengendalian, Prentice Hall, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, jilid 1. Jakarta.

Morrisan, M.A. 2008. Manajemen Media Penyiaran : Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta : Kencana.

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran : Strategi dan Taktik. Bogor : Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2552

Flag Counter   Â