City Branding Kota Cimahi sebagai Kota Heritage
Abstract
Abstract:Â Historical and cultural tourism is included in tourism that has a lot of potential to be developed, Cimahi City has a wealth of historical heritage that grows and develops from the community. With the development of the heritage tourism sector and the City of Cimahi, which is known as a heritage city. This study discusses how Disbudparpora's strategy in developing Cimahi City Branding as a Heritage City. In this study, researchers used a qualitative case study method, with the resource person, Disbudparpora Cimahi City. In this study, researchers used the MPR analysis method according to Philip Kotler. Based on the results of the research, Disbudparpora prioritizes Sakoci as a Cimahi heritage icon, because in addition to making travel easier, Sakoci is also a special attraction for tourists who come.
Keyword: City Branding, Sakoci,Cimahi Heritage, MPR
Abstrak: Pariwisata sejarah dan budaya termasuk kedalam pariwisata yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, Kota Cimahi memiliki kekayaan dalam bentuk peninggalan sejarah yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat. Dengan berkembangnya sektor pariwisata heritage serta Kota Cimahi yang dijuluki Kota heritage. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana strategi Disbudparpora dalam mengembangkan City Branding Kota Cimahi sebagai Kota Heritage. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode studi kasus kualitatif,dengan narasumber yaitu Disbudparpora Kota Cimahi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis MPR menurut Philip Kotler. Berdasarkan hasil penelitian, Disbudparpora mengunggulkan Sakoci sebagai icon Cimahi heritage , Karena selain memudahkan perjalanan wisata, sakoci juga menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan yang datang.Kata kunci : City Branding, Sakoci,Cimahi Heritage, MPR.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Yuswohady. 2016. Saatnya Tuntaskan Branding Kota. Majalah MIX. Jakarta.
Cahyadi, R. & Gunawan, J (2009). Pariwisata Pusaka Masa Depan bagi kita,Alam &Warisan Budaya Bersama. Jakarta: UNESCO & Program Vokasi Pariwisata UI
Anggito, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif.
Sukabumi: CV Jejak
Mulyana, Deddy. 2018. Metode Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu
Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rakhmat, Jalaluddin dan Idi Subandy Ibrahim. 2017. Metode Penelitian
Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kualitatif
dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
M. Linggar Anggoro, Teori dan Profesi kehumasan serta aplikasinya di Indonesia,
(Jakarta : Bumi Aksara, 2002), hal 242 .
Kotler, Philip & Kevin Keller. 2007. ManajemenPemasaranJilid 1. Jakarta : PT.
Indeks.
https://subiakto.com/2016/02/28/7-jenis-branding-menurut-subiakto priosoedarsono/ vol 4 no 1 2019
Yin, R. K. (1981a). The Case Study as a Serious Research Strategy. Knowledge: Creation, Diffusion, Utilization, 3(1), 97–114. https://doi.org/10.1177/107554708100300 106
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25361
  Â