Podcast sebagai Alternatif Media Informasi Anti Hoax

Muhamad Syamsul Muarif, Dadi Ahmadi

Abstract


Abstract: The presence of online radio or what we usually know as podcasts certainly makes it easier for people to obtain information. However, what needs to be concerned about is the negative impact of the development of information technology which has led to various forms of violence such as in the form of "cyber crime" and even the emergence of a new term, namely hoax, this is a problem that is often debated by netters in Indonesia. The purpose of this research is to determine the role of the Bandung podcast answer as an anti-hoax information medium. This research was compiled using descriptive qualitative methods and the location of the research conducted at the Public Relations Office of the Regional Secretariat of Bandung City. The data collection process was carried out by interview, observation, literature study. The results of this study indicate that the planning carried out by the Public Relations of the Regional Secretariat of the City of Bandung is by designing press conferences and Bandung Answering activities, the development of information publications is carried out through podcasts which in the podcast present content on developing issues or policies - policies of local government organizations, the obstacles experienced include unattractive content or material, lack of public knowledge about podcasts besides unreached listeners, for this an effort has been made including making promotional content in the form of videographics, infographics and audio spectrum besides by utilizing information media other. Evaluation is done by sending grids, this is due to the lack of data in making Bandung Answering podcast content. So it can be concluded that the Role of Answering Podcast Bandung as an Alternative to the Media Information anti hoax has been effective. This is proven by the information content contained in the Bandung Answering Podcast is very informative for the public in Bandung City, even the content sources in the Bandung Answering Podcast are purely direct exposure from sources who have competence in their fields so that the information conveyed can be accounted for to its validity.

Keywords: Podcast, Hoax, New Media, Public Relations.

Abstrak: Hadirnya Radio online atau yang biasa kita kenal dengan podcast tentunya mempermudah masyarakat dalam memperoleh suatu informasi. Akan tetapi, yang perlu dikhawatirkan yaitu dampak negatif dari perkembangan teknologi informasi yang kemudian melahirkan berbagai bentuk kekerasan seperti dalam bentuk “cyber crime†dan bahkan munculah sebuah istilah baru yaitu hoax, hal inilah yang menjadi suatu masalah yang seringkali diperdebatkan oleh netter di Indonesia. Tujuannya dilakukan penelitian ini untuk mengetahui peran podcast bandung menjawab sebagai media informasi anti hoax. Penelitian ini disusun dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dan lokasi penelitian yang dilakukan di Kantor Humas Setda Kota Bandung. Proses pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan yang dilakukan oleh Humas Setda Kota Bandung yaitu dengan merancang kegiatan press conference dan Bandung Menjawab, pengembangan publikasi informasi yang dilakukan yaitu melalui podcast yang mana dalam podcast tersebut menghadirkan konten – konten mengenai isu – isu yang sedang berkembang ataupun kebijakan – kebijan organisasi pemerintahan daerah, hambatan yang dialami diantaranya konten atau materi yang kurang menarik, kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai podcast selain itu pendengar yang belum terjangkau, untuk itu dilakukan suatu usaha diantaranya membuat konten promosi berupa videografis, infografis dan audio spectrum selain itu dengan memanfaatkan media informasi lainnya. Evaluasi dilakukan dengan mengirim kisi – kisi, hal tersebut dikarenakan kurangnya data dalam pembuatan konten podcast Bandung Menjawab. sehingga dapat disimpulkan Peran Podcast Bandung Menjawab Sebagai Alternatif Media Informasi anti hoax sudah efektif. Hal tersebut terbukti dengan konten – konten informasi yang terdapat pada Podcast Bandung Menjawab sangatlah informatif bagi khalayak masyarakat Kota Bandung, bahkan sumber konten yang ada dalam Podcast Bandung Menjawab murni paparan langsung dari narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya sehingga informasi yang disampaikan tersebut dapat dipertanggung jawabkan ke absahannya.

Kata Kunci: Podcast, Hoax, Media Baru, Hubungan Masyarakat.


Keywords


Podcast, Hoax, Media Baru, Hubungan Masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Ahyad, M. Ravii Marwan. 2017. “Analisa Penyebaran Berita Hoax Di Indonesia.†Jurnal, 16.

Biantoro, Bramy. 2016. “4 Bahaya Mengintai Dari Kabar Hoax Di Dunia Maya Halaman 5 | Merdeka.Com.†Merdeka.Com. 2016. https://www.merdeka.com/teknologi/4-bahaya-mengintai-dari-kabar-hoax-di-dunia-maya.html?page=5.

Cutlip, Scott. M., Center Allen H. & Broom.Glen. M. 2009. Effective Public Relations. 9th ed. Jakarta: Kencana.

Eka, Randi. 2018. “Podcast User Research in Indonesia 2018.†Dailysocial.Id, 16. https://dailysocial.id/research/podcast-user-research-in-indonesia-2018.

Fadilah, Efi, Pandan Yudhapramesti, and Nindi Aristi. 2017. “Podcast Sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio.†Jurnal Kajian Jurnalisme 1 (1): 90–104. https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562.

Geoghegan, Michael W., and Dan Klass. 2007. “Recording an Audio Podcast.†In Podcast Solutions, 77–93. Apress. https://doi.org/10.1007/978-1-4302-0473-2_6.

Juditha, Christiany. 2018. “Interaksi Komunikasi Hoax Di Media Sosial Serta Antisipasinya.†Journal Pekommas 3 (1): 31. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030104.

Mastel. 2017. “Survey 2017: Wabah Hoax Nasional,†32. https://mastel.id/hasil-survey-wabah-hoax-nasional-2017/.

Solomon Michael R. 2011. Consumer Behavior: Buying, Having, and Being -. 9th ed.

Yamaguchi, Cindy. 2016. “What Is Podcasting?†AboutTech, 3. http://podcasting.about.com/od/basics101/a/whatis.htm.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v7i1.25310

Flag Counter   Â