HUBUNGAN BRAND IMAGE OUVAL RESEARCH DENGAN LOYALITAS KONSUMEN

Rezki Tri Sandhya, Dadi Ahmadi

Abstract


Artikel Ilmiah Sarjana Fikom Unisba

Tanggal Kelulusan 12 November 2014

HUBUNGAN BRAND IMAGE OUVAL RESEARCH DENGAN LOYALITAS KONSUMEN

¹Rezki Tri Sandhya²Dadi Ahmadi, S.Sos., M.I.Kom.

¹·²Prodi Ilmu Public Relations, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung, Jl. Tamansari No.1 Bandung 40116

Email: ¹rezkitrisandhya@gmail.com, ²dadi.ahmadi@gmail.com

ABSTRACT. Nowadays, Distro has become the most wanted fashion shop among youngsters. There are so many brands of Distro spread around Indonesia, especially in Bandung which is the pioneer city of this Distro emergence. Therefore, Ouval, as one of the Distro pioneer in Bandung, needs to develop a proper marketing strategy in order to maintain their brand image and consumer loyalty as well. This study aims to find out the relationship between the brand image of Ouval Research Distro and its consumer loyalty. To answer the research questions, the study uses Kevin Lane Keller theory, particularly in analysing the Ouval Research brand image, namely: strength, favorability and uniqueness of brand associations. A quantitave study employs a correlational method was carried out in order to analyse the relationship between variables. The population in this study is visitors of Ouval Research during April until June 2014 (24.035). Sample are taken by Yamane formula and resulted to the amount of 100 visitors. The result shows that significant relationship has been built between the Ouval Research brand image and consumer’s loyalty.

Keywords : Brand, Image, Loyalty, Consumer.

Abstrak.Distro saat ini menjadi satu tempat berbelanja fashion anak muda yang paling digandrungi, dalam hal ini banyak pula merek distro bertebaran di seluruh Indonesia, khususnya di kota Bandung sebagai kota pelopor dimana distro itu bermunculan. Maka dari itu Ouval Research sebagai salah satu pelopor distro di Bandung, harus membangun strategi pemasaran yang baik guna menjaga brand image dan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui seberapa besar hubungan brand image distro Ouval Research dengan loyalitas konsumen. Untuk menjawab masalah tersebut peneliti menganalisabrand image Ouval Research menggunakan teori yang dikemukakan Kevin Lane Keller yaitu: kekuatan, keunggulan, dan keunikan asosiasi merek. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode korelasional yaitu meneliti hubungan antara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini pengunjung Ouval Research dari bulan april sampai Juni 2014 sebanyak 24035, dan sampel yang diambil dengan rumus Yamane menghasilkan jumlah sampel sebesar 100 orang. Dari hasil pengolahan data, diperoleh kesimpulan adanya hubungan antara brand image Ouval Research dengan loyalitas konsumen.

Kata kunci : Merek, Citra, Loyalitas, Konsumen.


References


DAFTAR PUSTAKA

Astuti, Santi Indra dan Hasbiansyah, O.2014 “Panduan Penyusunan Skripsi, Usulan Penelitian,& Karya Ilmiahâ€.Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Bandung.

Hurriyati, Ratih, 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta

Keller, Kevin Lane, 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Third Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana, Prenada Media Group.

Suryabrata, Sumardi. 2010. Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sulaksana, Uyung. 2007. Integrated Marketing Communications. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: LPPM UNISBA.

Sumber Lain :

Budi Hermawan. 2011 “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul†Jurnal Manajemen Teori dan Terapan | Tahun 4, No. 2, (2011) 9-17

Jessica Tjokroaminoto dan Yohanes Sondang Kunto. 2014 “ Analisa Pengaruh Brand Image dan Company Image Terhadap Loyalitas Retailer Studi Kasus PT Asia Paramita Indahâ€,Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2014) 1-11

http://bandungcreativecityblog.wordpress.com/tag/clothing/ diakses pada selasa, 8 April 2014 pukul 15.00




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.251

Flag Counter   Â