Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Instagram Concept Store “Happy Go Lucky†Dengan Kepuasan Informasi

Rizka Ayu Lestari, Ani Yuningsih

Abstract


Abstrak: Fungsi komunikasi massa yaitu, fungsi informasi, pendidikan dan memengaruhi. Fungsi informasi merupakan fungsi paling penting dalam komunikasi massa. Instagram merupakan media sosial yang saat ini difavoritkan mayoritas pengguna media sosial. Sekarang instagram tidak hanya digunakan oleh individu saja tetapi perusahaan juga menggunakan instagram. Perusahaan menggunakan instagram sebagai tempat penyampaian informasi yang meliputi produk dan informasi-informasi lainnya. Happy Go Lucky merupakan concept store pertama di Indonesia yang menampung produk-produk brand local khususnya produk-produk untuk perempuan yang memiliki segmentasi untuk menengah ke atas. Di instagram, informasi yang dilakukan oleh Happy Go Lucky bermacam-macam mulai dari menyampaikan informasi mengenai produk-produk terbaru dari Happy Go Lucky, memberi tips & trik berpenampilan, serta promo-promo potongan harga yang Happy Go Lucky berikan dan bekerjasama dengan beberapa provider atau tenant-tenant resto lainnya kepada followersnya.

Penelitian ini berjudul “Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Instagram Concept Store “Happy Go Lucky†Dengan Kepuasan Informasiâ€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penggunaan media sosial instagram Concept Store “Happy Go Lucky†dengan kepuasan informasi followers mengenai produk, promo serta tips dan trik berpenampilan.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah para followers Concept Store “Happy Go Luckyâ€. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Simple Random Sampling. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Gratification.

Hasil penelitian  menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat dan positif antara penggunaan media sosial instagram Concept Store “Happy Go Lucky†dengan kepuasan informasi followers dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.688. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara penggunaan media sosial instagram Concept Store “Happy Go Lucky†dengan kepuasan informasi followers.

 


Keywords


Penggunaan Media, Media Sosial, Kepuasan Informasi, Instagram

References


Ardianto, Elvinaro, Lukiati Komala, dan Siti Karlinah. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar Edisi Revisi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nurudin. 2011. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2469

Flag Counter   Â