Kajian Tanggapan Wartawan Tentang Program Media Gathering dalam Membina Hubungan Baik

Bayu Nugrahanto, M Husen Fahmi

Abstract


Setiap perusahaan mempunyai gaya pendekatan kepada wartawan secara berbeda-beda. PT Pos Indonesia (Persero), memilih Media Gathering sebagai salah satu upaya yang efektif untuk menjalin kedekatan secara informal antara  Public Relations PT Pos Indonesia (Persero) denga para wartawan. Dengan Media Gathering tersebut PT Pos Indonesia (Persero) bertujuan untuk menempatkan wartawan sebagai mitra kerjanya.Pendekatan secara personal terhadap wartawan tersebut sangat diperlukan dalam mendukung kegiatan/aktivitas Media Relations. Pembinaan hubungan dengan wartawan secara personal akan membuat wartawan lebih dihargai serta diperhatikan keberadaannya dan hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai keberhasilan program Media GatheringPublic Relations di PT. Pos Indonesia (Persero).Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan wartawan berdasarkan serving the media, cooperations in providing material, building personal relationship with the media PT. Pos Indonesia dalam membina hubungan baik pada program media gathering. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 32 responden sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampel. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa serving the media, cooperations in providing material, building personal relationship with the media pada program media gathering PT. Pos Indonesia dalam membina hubungan baik dengan wartawan adalah baik, yang dapat menciptakan hubungan yang erat di antara kedua belah pihak.


Keywords


MediaGathering, Serving the Media, Cooperations in Providing Material, Building Personal Relationship with the Media.

References


Alifahmi, Hifni. 2008 Marketing Comunications Orchestra. Bandung: Examedia Publishing (Grup Sygma).

Ardianto, Elvinaro. 2008. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rekatama Media.

Atkin, Douglas. 2005 . Membangun kesetian merek. Yogyakarta : PT. Bentang Pustaka

Fattah, Hanurawan, 2010. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan. Jakarta : PT. RajaGrafindo.

Jefkins, Frank. 2012. Effective Public Relations. Jakarta: Kencana.

Iriantara, Yosal. 2009. Literasi Media. Bandung: Simbiosa Rakatama Media.

Moleong, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Morrisan, M.A. 2010. Manajemen Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Weber, Veithzal Rivai. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wetzel, Larry 2005, Menciptakan Kesejahteraan Karyawan. Terjemahan Yogyakarta : PT. Bentang Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2359

Flag Counter   Â