Makna Simbol Karakter yang Terkandung dalam Game Heroes of Newerth

Arby Taufik, Dadi Ahmadi

Abstract


Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana makna yang terkandung pada simbol-simbol karakter dalam game Heroes of Newerth, dengan metode penelitian kualitatif menggunakan analisis semiotika Roland Barthes, yang mana menurut Barthes melalui proses signifikasi terhadap suatu tanda, maka akan dapat memunculkan suatu makna dan makna tersebut dapat berupa denotasi, konotasi, dan mitos. Barthes dengan ideologi ada selama kebudayaan ada. Maka konsep konotasi menurut ia adalah ekspresi mengenai suatu budaya. Kesimpulan yang dihasilkan bahwa simbol-simbol yang selama ini dipercaya sebagai simbol Illuminati adalah simbol yang sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu. Namun seiring perkembangan zaman makna dari simbol tersebut mengalami pergeseran makna, sehingga banyak pihak yang tertarik untuk meneliti lebih dalam. Salah satunya dengan adanya game Heroes of Newerth yang dicurigai banyak mengandung unsur Illuminati pada karakter, kemampuan, hingga rancangan gambar map-nya ini diperolehlah makna secara denotatif, konotatif, dan mitos dari beberapa potongan gambar yang menunjukan simbol tersebut, dan kemudia di interprestasikan kembali oleh penulis berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes.


Keywords


Makna symbol karakter, Analisis semiotika, Games Heroes of Newerth

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung : Simbiosa Rektama Media.

Barthes, Roland. 2007. Membedah Mitos-Mitos Budaya Massa. Yogyakarta : Jalasutra.

Cangara, Hafield. 2008, Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung : Rajawali Pers.

Chris Barker. 2009. Cultural Studies,Teori dan Praktik, Jogjakarta: Kreasi

Davis, Lioyd. 2002. Introducing Cultural and Media Studies Suatu Pendekatan Semiotik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Moelong, J. Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Morley, David dan Roger Silverstone. 1991. Communication and Context : Etnographic Perspective on The Media Audiences dalam A Handbook of Qualitative Mathodologies for Mass Communication Research. London : Routledge

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amir. 2003, Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya

Makna, Yogyakarta : Penerbit Jalasutra.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Siahaan, S. M. 2004. Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta : BPK Gunung Mulia.

Sigit Mangun Wardoyo. 2013, Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter, Jakarta : Alfabeta

Sobur, Alex. 2009. Semiotika Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.

__________. 2009. Analisis Teks Media. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sumber lain :

Fikom Unisba. 2013. Panduan Penyusunan Skripsi, Usulan Penelitian, & Karya Ilmiah. Bandung : Whatif Artwork.

Tawakal, Iqbal M. 2011. “Citra Timur Tengah dan Rusia sebagai Teroris dalam Permainan Video di Komputerâ€. Skripsi. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Nurmala, Mira. 2014. “Simbol-Simbol Illuminati Dalam Filmt The Arrivalsâ€. Skripsi. Bandung : Universitas Islam Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2339

Flag Counter   Â