Kegiatan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dalam Mengelola Komunikasi Internal

Rani Sriwijaya, M Subur Drajat

Abstract


Dalam mengelola komunikasi internal, Public Relations memerlukan media komunikasi internal yang memadai agar lebih efisien dalam penyebaran informasi serta pembentukan citra dan opini publiknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kegiatan yang dilakukan oleh humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten dalam mengelola komunikasi internal jika dilihat dari 4 model komunikasi PR James E. Grunig dan Todd Hunt. Penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Menggunakan data kualitatif dengan cara observasi, wawancara dan dokumen. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 3 orang, diantaranya Deputi Manajer Bidang Komunikasi dan Bina Lingkungan, Spv Humas dan Protokoler, serta staf Komunikasi PT. PLN DJBB. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat diketahui bahwa kegiatan komunikasi internal yang dilakukan oleh humas PT. PLN DJBB tidak ada yang termasuk dalam model agen pemberitaan. Sedangkan untuk model informasi publik ada tiga jenis yakni: family gathering, papan pengumuman, dan intranet. E-mail internal dan Sinergi newsletter adalah media internal yang termasuk dalam model asimetris dua arah. Media morning briefing (coc), coffee morning, live chat, dan video conference sesuai dengan model simetris dua arah.


Keywords


komunikasi internal; 4 model komunikasi PR; pendekatan deskriptif dengan data kualitatif

References


Butterick, Keith. 2011. Pengantar Public Relations, Teori dan Praktek. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Public Relations Writing, Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Kriyantono, Rachmat. 2012. Teori PR Perspektif Barat dan Lokal, Aplikasi Penelitian dan Praktik . Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Lattimore, dkk. 2010. Public Relations, Profesi dan Praktik. Jakarta : Salemba Humanika.

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi, Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosadi. 2003. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Ruslan, Rosadi. 2012. Manajemen PR dan Media Komunikasi, Konsepsi dan Aplikasi Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penelitian Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM UNISBA).




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.2323

Flag Counter   Â