PROSES PEMAKNAAN KOMUNIKASI DALAM MEMBANGUN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN

Anggy Hariyandi, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. Nowadays soft skill training is very important, because every institution needs employee who not only good at hard skill but also at soft skill. The result of this research is soft skill training that given by Djarum Foundation to Beswan Djarum can improve their good leadership. There were three conclusions of the research. First, the communication step of Beswan Djarum had three steps, there were information attack and understanding about Beswan Djarum, the next step when Beswan Djarum got founding or soft skill training, and the last was the step when Beswan Djarum implemented the training result in their daily life. Second, this research  expressed self perception about the leadership skill from the informer. The last conclusion was the meaning of leadership skill that should be owned by the leader.

Key word : Phenomenology, Communication Process, Leardership

 

Abstrak. Di era globalisasi ini, pelatihan soft skill sangatlah dibutuhkan, karena setiap institusi membutuhkan karyawan yang tidak hanya baik dalam hard skill-nya saja melainkan harus baik dalam soft skill-nya juga. Hasil dari penelitian ini adalah pelatihan soft skill yang diberikan oleh Djarum Foundation kepada Beswan Djarum dapat membangun mereka memiliki karakter pemimpin yang terampil. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada tahapan komunikasi, Beswan Djarum mengalami tiga tahapan diantaranya tahap terpaan informasi dan pemahaman mengenai Beswan Djarum, selanjutnya tahapan di mana Beswan Djarum mendapatkan pembinaan atau pelatihan soft skill, dan terakhir tahap di mana Beswan Djarum mengimplementasikan hasil pelatihan tersebut di kehidupan sehari-hari. Kedua, penelitian ini berhasil mengungkapkan persepsi diri mengenai keterampilan kepemimpinan para informan. Terakhir penelitian ini juga berhasil mengungkapkan makna keterampilan kepemimpinan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Kata Kunci     :  Fenomenologi, Proses Komunikasi, Keterampilan Kepemimpinan


References


Abdul, Chaer. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Berger, Peter L. 1990. Langit Suci Agama Sebagai Realitas Sosial. Jakarta : LP3E.

Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKiS.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metode Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsepsi, Pedoman dan Contoh Penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursanto, RB Riyo. 1993. “Peter Berger Realitas Sosial Agama†dalam Tim Redaksi Driyarkara (ed.). Diskursus Kemasyarakatan dan Kemanusiaan. Jakarta: Gramedia.

Muslisch, Masnur. 2008. “Kekuasaan Media Massa Mengonstruksi Realitasâ€, Bahasa dan Seni. Tahun 36, Nomor 2, Agustus 2008 (hal. 151).

Paloma, M. Margaret. 2000. Sosiologi Kontemporer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rakhmat, Jalaluddin. 2000. Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.218

Flag Counter   Â