Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru di Fakultas Dakwah

Hilman Hatami, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Promotion is an activity performed by a company or an agency in an effort to re-create an identity with the goal of updating and developing a brand and excellence already in it for the better. The aim of the study is to identify the preaching activities of the college of dakwah unisba and uin in receptive freshmen, the emphasis of the college of dakwah unisba and of what media are used in the promotion of the unisba school of dakwah and bandung. The method used in this research is qualitative with a comparative approach to case studies. The techniques for data-collection used are in-depth interviews, observations, and literary studies related to research. The informant in this study is a dean, wadek, university student student, wadek and student student, academic, pgii school party of bandung, man 1 cijerah, and additional informers of unisba and bandung freshmen students. This informant was chosen because he was thought to be able to provide information regarding his promotion activity.The theories and concepts used in this study are social construction theory and marketing marketing elements in educational institutions. The results of this research are that the state of the state of the world's unisba and uin have similar results, which are through the use of the preaching campaigns of the dakwah, which offer quality programs, books, roadshows, collaboration and socialization. As for the differentiation in the promotion activity of the tahfidz qur 'an program and islamic counseling.

Keywords: Promotion, Social Construction Theory, Marketing Mix.

Abstrak. Promosi  adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan atau sebuah lembaga dalam upaya menciptakan kembali suatu indentitas dengan tujuan untuk memperbaharui dan mengembangkan suatu brand serta keunggulan yang sudah dimiliki agar menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan promosi Fakultas Dakwah Unisba dan UIN dalam penerimaan mahasiswa baru, penekanan promosi Fakultas Dakwah Unisba dan UIN dalam penerimaan mahasiswa baru dan media apa saja yang digunakan dalam kegiatan promosi Fakultas Dakwah Unisba dan UIN Bandung Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus komparasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah Dekan, Wadek, Kemahasiswaan Universitas, Wadek dan kemahasiswaan, Akademik, pihak sekolah PGII 1 Bandung, MAN 1 Cijerah serta informan tambahan yaitu mahasiswa angkatan baru dari Unisba dan UIN Bandung. Informan ini dipilih karena dianggap mampu memberikan informasi terkait kegiatan promosi yang dilakukan. Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi sosial serta elemen bauran pemasaran dalam lembaga pendidikan. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan promosi Fakultas Dakwah Unisba dan UIN meiliki persamaan yaitu melalui kegiatan promosi retorika dakwah, menawarkan keunggulan program Fakultas, membagikan buku, roadshow, kerjasama dan sosialisasi. Adapun perebedaan dalam kegiatan promosi yakni pada program tahfidz al-qur’an dan bimbingan konseling islam.

Kata Kunci: Promosi, Teori Konstruksi Sosial, Bauran Pemasaran.


Keywords


Promosi, Teori Konstruksi Sosial, Bauran Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication.

Kriyantono, Rachmat. 2017. Teori-teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Tjiptono. Fandy. 2015. Strategi pemasaran Edisi 4.Yogyakarta: Salemba Empat.

Yin, Robert. K. 2018. Studi Kasus: Desain dan Metode. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyana, Deddy dan Solatun. 2013. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

tresnawiwitan dan yulianita. 2017. Strategi ‘Marketing Public Relations’ Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEA dalam jurnal Mediator Vol 10 No. 1 Hlm. 8-9

ning aliyah. 2010. Strategi Promosi Fakultas Dakwah Uin Sunan Kalijaga Dalam Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Priode 2009-2010. Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.21272

Flag Counter   Â