Hubungan antara Komunikasi Persuasif Manager Public Relations dengan Motivasi Kerja

Dwiki Ramadhan, Wulan Tri gartanti

Abstract


Abstact. Public relations manager was an integral part in an organization. The main task of public relations are not just a created the image of a of these organisations in order to be more strong and good but also create the conditions for his company conducive, healthy climate it works, strong of their social relations and high performance of as human resource. ( Ruslan, 2010: 91 ). Persuasive communication in the company`s internal indispensable by institutions in the formation of a company to image of the people by the right information and reasonable on the role of institution in the life of. Success in managing external communication same time, this is the success of a public relations in an effort to gain the approval of, understanding, trust, participation and with other institutions. A good relationship with the company would provide the best for the company own. Further, each employee marketing division is expected to help the program being executed by the company. To create the above, needed particular strategy managers. Public relations a companyThe strategies is aimed to manage the perceptions employees to achieve objectives established. Corporate culture With the appropriate, company can perform efficiency and productivity employees to realize its intended purpose. A method of sampling used in research is the sampling .The sample collection about 60 personnel of devisi marketing. Of the results of data processing research on this question, known that the average the percentage the score acquired on indicators variable ( X ) 62,44 % non-competitive purchase will be. Or the average score 4,01 indicators which belonging to a line the continuum of high by the span of the 3.41- 4,20 so that it can be concluded that variable (X) are in good category which means that it had a significant simultaneously against motivation employees work in PT Artav Mobile Indonesia Regional Bandung Marketing division ( Y ).

Keywords : Persuasive Communication, Public Relations Manager, Motivation of Employees.

Abstrak. Manajer Public Relations merupakan bagian integral dalam suatu organisasi. Tugas utama Public Relations bukan hanya sekedar menciptakan citra suatu organisasi tersebut agar lebih kuat dan baik tetapi juga menciptakan kondisi agar perusahaannya kondusif, sehat iklim kerjanya, kuat hubungan sosialnya dan tinggi kinerja sumber daya manusianya. (Ruslan,2010: 91). Komunikasi persuasif di internal perusahaan sangat diperlukan oleh institusi dalam pembentukan citra perusahaan kepada masyarakat dengan memberikan informasi yang benar dan wajar mengenai peran institusi dalam kehidupan. Keberhasilan dalam membina komunikasi eksternal ini juga sekaligus merupakan keberhasilan seorang Public Relations dalam upaya memperoleh dukungan, pengertian, kepercayaan, partisipasi dan kerjasama dengan pihak lain. Hubungan yang baik dengan lingkungan perusahaan akan memberikan dampak baik bagi perusahaan itu sendiri. Lebih jauh, setiap karyawan divisi marketing diharapkan akan turut membantu program yang sedang dijalankan oleh perusahaan. Untuk mewujudkan hal di atas, dibutuhkan strategi tertentu dari manajer Public Relations suatu perusahaan. Strategi-strategi tersebut ditujukan untuk menggarap persepsi para karyawan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh budaya perusahaan. Dengan strategi yang tepat sasaran, perusahaan dapat melakukan efisiensi dan produktivitas karyawan untuk mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan. Metode sampling yang digunakan dalam penelitian adalah total sampling. Pengambilan sampel sebanyak 60 orang dari devisi marketing. Dari hasil pengolahan data penelitian pada indikator ini, diketahui bahwa rata-rata presentase skor yang didapat pada indikator variabel (X) adalah sebesar 62,44%. atau nilai rata-rata indikator 4,01 yang mana masuk kedalam garis kontinum tinggi dengan rentang angka 3,41 – 4,20 sehingga disimpulkan bahwa variabel (X) berada dalam kategori baik yang artinya memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap motivasi kerja karyawan divisi marketing di PT. Artav Mobile Indonesia regional Bandung (Y).

Kata Kunci : Komunikasi Persuasif, Manajer Public Relations, Motivasi Karyawan.


Keywords


Komunikasi Persuasif, Manajer Public Relations, Motivasi Karyawan

Full Text:

PDF

References


Maulana, Herdiyan 2013, Psikologi Komunikasi dan Persuasi.Jakarta : Akademia Permata 2013)

Gumelar, Gumgum. 2013. Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta : Akademia Permata

Hasibuan, Malayu S.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20527

Flag Counter   Â