REPRESENTASI GENDER DALAM POSTER FILM MIDNIGHT IN PARIS
Abstract
Abstract. A movie poster is one of the communication media that have a role as massive communication device. The message of movie poster is packed shortly in visual object form that contain a picture screen, a sentence, and also the colour of movie poster. Actually, movie poster must be able to influence the target, and also can deliver a persuasive, communicative, and informative message. This research is focused in Midnight in Paris movie poster, directed by Woody Allen to discover how gender concept are represented in movie poster. This research used qualitative research method, with a semiotics analysis approach from Roland Barthes that is focused on denotation significance, connotation significance that have relevant with gender concept. The result of this research show that masculinity value are more dominant rather than femininity value in Midnight in Paris movie Poster. Myth of  patriarchal culture that form masculinity hegemony also appear in Midnight in Paris movie poster. A myth that men are more dominant and also identified as a decision maker, and also myth that situate women as a subordinate also represented in the object visualization inside the poster.
Â
Keywords: Movie Poster, Gender, Semiotics of Roland Barthes.
Abstrak. Poster film merupakan salah satu bagian dari media komunikasi yang berperan sebagai alat media penyebaran komunikasi secara massif. Pesan dalam poster film dikemas secara ringkas melalui bentuk objek visual yang mencakup tampilan gambar, teks dan juga warna dalam poster film. Idealnya, poster film harus mampu mempengaruhi khalayak dan dapat menyampaikan pesan yang bersifat persuasif, komunikatif juga informatif. Penelitian difokuskan pada poster film Midnight in Paris garapan Woody Allen untuk mengetahui bagaimana wacana gender direpresentasikan dalam poster film. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan analisis semiotika dari Roland Barthes yang memfokuskan penelitian pada makna denotasi, makna konotasi beserta mitos yang terkait dengan wacana gender. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam poster film Midnight in Paris, tanda yang merepresentasikan maskulinitas lebih dominan dibandingkan tanda yang merepresentasikan feminitas. Mitos mengenai budaya patriarkal yang membentuk hegemoni maskulinitas juga tampak dalam poster film Midnight in Paris. Mitos bahwa laki-laki lebih mendominasi serta identik dengan pemegang kendali sebuah keputusan dan menempatkan perempuan sebagai subordinat juga hadir dalam visualisasi objek dalam poster.
Â
Kata kunci : Poster Film, Gender, Semiotika Roland Barthes.Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barker, Chris. 2005. Cultural Studies Teori dan Praktik. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.
Barthes, Roland. 2004. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Bhasin, Kamla. 2003. Mamahami Gender. Jakarta: Teplok Press.
Cavallaro, Dani. 2004. Critical and Cultural Theory. Yogyakarta: Penerbit Niagara
Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Terjemahan. Yogyakarta: Jalasutra.
Fiske, John. 2010. Cultural and Communications Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Fromm, Erich. 2007. Cinta, Seksualitas dan Matriarki. Terjemahan. Yogyakarta: Jalasutra.
Hall, Stuart. 2003. Representation : Cultural Representations and Signifing Partices. London: SAGE Publication Ltd.
Sobur, Alex. 2009. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Storey, John. 2010. Pengantar Komprehensif Teori dan Metode Cultural Studies dan Kajian Budaya Pop. Yogyakarta: Jalasutra.
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.205
  Â