Strategi Komunikasi dalam Mensosialisasikan Rute Baru Kereta Bandung – Ciwidey

Riszky Budi Ardiansyah, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract : In May 2018 Ridwan Kamil as Governor of West Java planned to make the Bandung Ciwidey Railroad route. Bandung - Ciwidey Train was created to increase economic growth in the Ciwidey region and increase tourism in the area. The purpose of this study was to determine the message planning conducted by PT. KAI in disseminating the Bandung - Ciwidey Train route, the selection of media used as a socialization process, as well as how the socialization carried out by PT. KAI The method used in this research is a qualitative method with a case study approach. Data collection methods used in this study were interviews, non-participant observation, literature study and documentation. The data obtained were then analyzed using source triangulation and theory triangulation. The results of this study indicate that the message planning activities carried out by PT. KAI is to choose the target of train service users and affected communities, persuasive messages, and two-stage communication. Then the selection of media used by the PT. KAI is conducting socialization through social media, print media, as well as mass media such as news on television. After that to find out the effectiveness of the socialization carried out is to find out the obstacles during the socialization carried out after that conduct an evaluation to find out the extent of the development of the train socialization Bandung - Ciwidey.

Keywords : Bandung - Ciwidey Train, Socialization, PT. KAI

Abstrak : Pada bulan Mei 2018 Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat merencanakan akan membuat rute Kereta Api Bandung Ciwidey. Kereta Api Bandung - Ciwidey ini dibuat untuk meningkatan pertumbuhan ekonomian di wilayah Ciwidey dan meningkatkan pariwisata di daerah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan pesan yang dilakukan PT. KAI dalam mensosialisasikan rute Kereta Api Bandung - Ciwidey, pemilihan media yang digunakan sebagai proses sosialisasi, serta bagaimana sosialisasi yang dilakukan oleh PT. KAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan perencanaan pesan yang dilakukan oleh PT. KAI adalah memilih sasaran pengguna jasa kereta dan masyarakat yang terdampak, pesan yang bersifat persuasif, dan komunikasi dua tahap. Kemudian pemilihan media yang digunakan oleh PT. KAI adalah melakukan sosialisasi melalui media sosial, media cetak, juga media massa seperti pemberitaan di televisi. Setelah itu untuk mengetahui efektifitas dari sosialisasi yang dilakukan adalah mengetahui hambatan-hambatan selama sosialisasi yang dilakukan setelah itu melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari sosialisasi Kereta Api Bandung - Ciwidey.

Kata Kunci : Kereta Api Bandung - Ciwidey, Sosialisasi, PT. KAI.


Keywords


Kereta Api Bandung - Ciwidey, Sosialisasi, PT. KAI.

Full Text:

PDF

References


Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Jakarta: Corporate and Marketing Comunication.

Mulyana, Deddy. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Effendy, Onong Uchjana. 2008. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Cangara, H. Hafied. 2013 Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

K. Yin, Robert. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.20330

Flag Counter   Â