Strategi Promosi Grow Up! Idea dalam Menarik Minat Konsumen

Adhika Oktavianza, Dadan Mulyana

Abstract


Abstract. The increasing intensity of the use of social media in Indonesia requires that all marketing agency companies attract consumer interest. The existence of a promotional strategy is also one way for marketing agencies to get prospective customers. Like what is done by Grow Up! Idea Bandung, various promotional strategies are also expected to be a picture of potential customers. The title of this study is the Promotion Grow Up Strategy! Idea as a marketing agency to increase consumer interest. This study uses a qualitative approach. The aim is to find out what strategies are used by Grow Up! Idea when doing promotions.Data collection techniques used are interviews and the reference source. Interviews conducted by Public Relations Grow Up! Idea with a few questions. In this study, researchers used three data collection techniques, namely Interviews, Observation and Literature Studies. The data validity checking technique used in this study is the Triangulation technique. Based on the research questions that have been set, it can be concluded that: Grow Up! Idea uses promotional strategies in the form of digital marketing and word of mouth strategies. Where they sell services that bear the scope of the digital world, or social media. As time goes by, the brand image or brand image of a company must be developed, therefore Grow Up fills the void or lack of a company so that development through digital media can be maximized. Besides digital marketing Grow Up! also uses the word of mouth strategy. Where the word of mouth strategy can affect the performance of Grow Up so that the performance of the quality of services offered can have a positive impact on consumers and Grow Up itself because the ratings of each audience are relative and must be endeavored so that the first impression from consumers must always be good

Keywords: Promotion strategy, education, media use, digital marketing

Abstrak. Semakin banyaknya intensitas pemakaian media sosial di Indonesia maka mengharuskan semua sebuah perusahaan marketing agency menarik minat konsumen. Adanya strategi promosi juga menjadi salah satu cara untuk para marketing agency mendapatkan para calon konsumennya. Seperti yang dilakukan oleh pihak Grow Up! Idea Bandung, berbagai strategi promosi tersebut juga diharapkan bisa jadi gambaran para calon konsumennya. Judul pada penelitian ini adalah Strategi Promosi Grow Up! Idea Sebagai Marketing Agency Untuk Meningkatkan Minat Konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi apa yang dipakai oleh pihak Grow Up! Idea saat melakukan promosi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan bahan referensi. Wawancara yang dilakukan oleh pihak Humas Grow Up! Idea dengan beberapa pertanyaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk meneliti bagaimana strategi promosi yang digunakan oleh Grow Up! idea dalam meningkatkan minat konsumennya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi dan Studi Literatur. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Triangulasi, Berdasarkan pertanyaan penelitian yang sudah ditetapkan dapat ditarik kesimpulan bahwa Grow Up! Idea menggunakan strategi promosi dalam bentuk digital marketing dan strategi word of mouth. Dimana mereka melakukan penjualan jasa yang beruang lingkup didunia digital, atau media sosial. Semakin berkembangnya zaman, maka citra brand atau brand image suatu perusahaan harus dapat dikembangkan, maka dari itu Grow Up mengisi kekosongan atau kekurangan suatu perusahaan agar pengembangan melalu media digital dapat maksimal. Selain digital marketing Grow Up! juga menggunakan strategi word of mouth. Dimana strategi word of mouth  dapat mempengaruhi kinerja Grow Up agar kinerja kualitas jasa yang ditawarkan dapat memberi dampak yang positif bagi konsumen maupun Grow Up sendiri karena penilaian masing-masing audience itu relatif dan harus diusahakan agar first impression dari konsumen harus selalu baik

Kata Kunci: Strategi promosi, edukasi, pemanfaatan media, digital marketing


Keywords


Strategi promosi, edukasi, pemanfaatan media, digital marketing

Full Text:

PDF

References


Darmadi, Durianto. 2004. Brand Equity Ten. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dharmmesta, B.S. dan T.H. Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran: Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Liberty.

Jalaluddin Rakhmar dan Idi. 2017. Metode Penelitian Komunikasi. Edisi Revisi II. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2000. Dasar-Dasar Pemasaran. Terjemahan Alexander Sindoro. Jakarta: Prenhallindo.

Kotler Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Managemen. 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid I dan II, Jakarta: PT. Indeks.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosadakarya

Poerwandari, E. Kristi. 2007. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.

Priansa, Donni J. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Bandung: Pustaka Setia.

Siswanto dan Suyanto. 2016. Metode Penelitian Kombinasi Kualitatif dan Kuantitatif Pada Penelian Tindakan (PTK & PTS). Klaten: Boss Script.

Soemirat, S., dan Elvinaro, A. 2008. Dasar-Dasar Public Relation. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Perspektif Manajemen dan Pemasaran Kontemporer. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi IV. Yogyakarta: Andi.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta: Raja Grafindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19877

Flag Counter   Â