Hubungan antara Tayangan Vlog ‘Jurnalrisa’ di Media Sosial Youtube dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Netizen

Mochammad Saeful Ilyas, Riza Hernawati

Abstract


Abstract.  internet is one of the media currently often used by the public or netizens as a source of fulfilling information needs. All information recorded on the internet ranging from tutorials to movies one of them is with social media youtube, social media that is widely accessed by the public because a lot of varied information that can be obtained by the public through audio visual presented by youtube to meet the needs information society or netizens. Content contained on YouTube, among others: music, movies, comedy to horror content. One of the most popular at the moment is horror or mystery content, for example like jurnalrisa vlog  that present interesting mystery content. Therefore this study was conducted to determine whether there is a relationship between jurnalisa vlog and the fulfillment of netizens' information needs. The purpose of this study is to find out whether there is a relationship between journalism vlog shows consisting of two indicators namely media content and media exposure and fulfillment of information needs netizens. The method used in this research is a quantitative method with a Spearman rank correlational approach that can test whether there is a relationship between these two variables, namely jurnalrisa vlog and meeting the needs of netizens information, using the Uses and Gratifications theory which assumes that users have alternative choices to meet their needs. We can understand people's interactions with the media through the use of media by that person (uses) and the satisfaction obtained (gratification). The overall result of the Spearman Rank correlation coefficient (rs) is 0.899. Thus it can be concluded that there is a significant relationship between YouTube vlog shows ‘Journalism’ with the fulfillment of netizen information needs with a strong level of close relationship

Keywords :Youtube , Information Needs, Vlog Jurnalrisa

Abstrak. Internet merupakan salah satu media yang saat ini sering di gunakan oleh masyarakat atau netizen sebagai sumber pemenuhan kebutuhan informasi. Segala informasi yang terekam di internet mulai dari tutorial hingga film salah satunya yaitu dengan media sosial youtube, media sosial yang banyak diakses oleh masyarakat karena banyak sekali informasi-informasi yang bervariatif yang bisa di dapatkan oleh masyarakat melalui audio visual yang disajikan oleh youtube untuk memenuhi kebutuhan informasi mayarakat atau  netizen. Konten konten yang terdapat di dalam youtube antara lain: musik, film, komedi sampai dengan konten horor. Salah satu yang diminati saat ini yaitu konten horor atau misteri, contohnya seperti tayangan vlog jurnalrisa yang menyuguhkan konten misteri yang menarik. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tayangan vlog jurnalrisa dengan pemenuhan kebutuhan informasi netizen.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tayangan vlog jurnalrisa yang terdiri dari dua indikator yaitu isi media dan terpaan media dengan pemenuhan kebutuhan informasi netizen. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional rank spearman yang bisa menguji apakah ada hubungan antara dua variabel tersebut yaitu tayangan vlog jurnalrisa dengan pemenuhan kebutuhan informasi netizen, dengan menggunakan teori Uses and Gratifications yang mengasumsikan bahwa pengguna mempunyai pilihan alternatif untuk memenuhi kebutuhannya. Kita bisa memahami interaksi orang dengan media melalui pemanfaatan media oleh orang itu (uses) dan kepuasan yang diperoleh (gratification).  Hasil keseluruhan koefisien korelasi Rank Spearman (rs) adalah sebesar 0,899. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara tayangan vlog youtube ‘Jurnalrisa’ dengan pemenuhan kebutuhan Iinformasi netizen dengan tingkat keeratan hubungan yang kuat

Kata Kunci :  Youtube, Kebutuhan Informasi, Vlog Jurnalrisa


Keywords


Youtube, Kebutuhan Informasi, Vlog Jurnalrisa

Full Text:

PDF

References


Anis Hamidati, Komunikasi 2.0 Teoritisasi dan Implikasi (Yogyakarta: Mata Padi Pressindo, 2011)

Ardianto, Elvinaro dan Komala, Lukiati, Komunikasi Massa: Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media,

Denis McQuail, Teori Komunikasi Massa suatu pengantar, diterjemahkan oleh Agus Dharma dan Aminuddin Ram, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1987)

Hidayat, Deddy Nur. 2009. PENGANTAR KOMUNIKASI MASSA. Jakarta: Rajawali Pers.

Laloo, Bikika Tariang. 2002. Information Needs, Information Seeking behaviour and Users. New Delhi: Ess Ess Publication

Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.

Nurudin, Komunikasi Massa, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003

Rahma Sugihartati, Perkembangan Masyarakat Informasi dan Teori Sosial Kontemporer, (Jakarta: Kencana, 2014)

Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Suwanto, Sri Ati. 1997. Studi Tentang Kebutuhan dan Pencarian Informasi Bagi Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro dan Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia

Siswa, Muh. 2015. “Penggunaan Youtube sebagai Electronic Public Relation Untuk Meningkatkan Citra Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegaraâ€, dalam eJournal Ilmu Komunikasi Vol.3, No.2, (hal. 15-29).

Harisanty, Dessy. 2007. “Kebutuhan Informasi Siswa SMA dan Ketersediaan Sumber Informasi pada Perpustakaan SMA di Surabayaâ€. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19844

Flag Counter   Â