Personal Branding Penyiar Radio

Rizky Ahmad Fauzie, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Personal branding is an important thing to do for everyone and every section in their job. Personal branding is a stronger and clearly a big picture of people on their self. Personal branding is also an activity of creating self-images to sync for their self, showing who they really are indirectly. Personal branding activities to do for showing self-image has a character and good image for the public.The method used in this study is descriptive qualitative with a case study strategy. The researcher collect, process and analyse data sync with the personal branding announcer in Play99ers radio Bandung. The radio announcer studied was Rizal Sastra who had been in the profession for 10 years. Data collection techniques are carried out through interviews, observation, documentation, and literature studies.

Keywords : Personal Branding, Announcer, Radio

Abstrak. Personal branding adalah suatu hal yang penting dilakukan bagi setiap orang dan setiap bidang pekerjaan. Personal branding adalah image yang kuat dan jelas yang ada di benak seseorang mengenai diri sendiri. Personal branding  juga merupakan kegiatan atau aktifitas yang dilakukan berhubungan dengan diri sendiri yang secara tidak langsung ingin memperlihatkan siapa dirinya itu. Kegiatan personal branding ini dilakukan agar bisa terlihat memiliki kararker tersendiri dan mempunyai citra baik bagi publik. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data yang berhubungan dengan personal branding seorang penyiar radio di Play99ers Bandung. Penyiar radio yang di teliti adalah Rizal Sastra yang sudah menjalankan profesinya selama 10 tahun. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan.

Kata kunci : Personal Branding, Penyiar, Radio


Keywords


Personal Branding, Penyiar, Radio

Full Text:

PDF

References


Effendi, Onong Uchjana. 1991. Radio Siaran Teori dan Praktek. Bandung: CV Mandar Maju

Yulianita, Neny. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbit Universitas Bandung

Haroen, Dewi. 2014. Personal Branding. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

McNally, David. Speak, Karl D. 2002. Be Your Own Brand. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wasesa, Silih Agung. 2018. Political Personal Branding. Jakarta : Expose

Habib, Bary. 1995. Teknik dan Komunikasi Penyiar Televisi-Radio-MC. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Busro, Muhammad. 2018. Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana

Gunawan, Iman. 2013. Metode Penelitian Kualitatif :Teori & Praktek. Jakarta : Bumi Aksara

K. Yin, Robert. 2014. Studi Kasus Desain & Metode. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Moleong, J Lexy. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja RosdakarSya

Rakhmat, Jalaludin. 1996. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

McQuail, Dennis & Windahl, Sven. 1985. Model-Model Komunikasi. Jakarta: Uniprimas.

Sumber lain :

https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7025/5477

https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/download/629/528.

http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/humas/article/viewFile/12621/pdf.

https://www.academia.edu/6342368/ONLINE_PORTFOLIO_SEBAGAI_MEDIA_PERSONAL_BRANDING_DESAINER_GRAFIS_STUDI_PADA_DESAINER_GRAFIS_DALAM_MEMBANGUN_ONLINE_PERSONAL_BRAND_DI_DEVIANTART_JURNAL_SKRIPSI_JURUSAN_ILMU_KOMUNIKASI_FAKULTAS_ILMU_SOSIAL

http://e-journal.uajy.ac.id/1881/2/1KOM02985.pdf

http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/viewFile/1363/1458




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19496

Flag Counter   Â