Komunikasi Organisasi PT.KAI dalam Meningkatkan Inovasi Pelayanan Publik

Neny Astriana, Maman Suherman

Abstract


Abstract. The dark history has recorded how the quality of services and transportation services has a pretty bad portrait. PT.KAI (Persero) needs to make changes as a whole and fundamentally both regarding management and HR. Without any changes, PT. KAI (Persero) will be even worse in a valley of bad impression in the eyes of the public as a user of transportation services. The purpose of this study is to determine the pattern of organizational communication at PT. KAI (Persero) in improving public service innovation, what innovations have been carried out by PT. KAI (Persero) and the selection of communication channels conducted by PT. KAI (Persero) in increasing public service innovation. Based on the results of the study showed that the communication pattern at PT. KAI (Persero) is a chain pattern because in this pattern communication is done formally gradually. Innovations made by PT. KAI (Persero) by changing organizational structures, technological changes, physical changes and individual changes. The selection of communication channels in PT. KAI (Persero) consists of internal channels through the media in the form of memos, work orders and company internal magazines. While external communication channels are carried out with outside parties through print, electronic and social media.

Keywords: Organizational Communication, Innovation, Public Services

Abstrak. Sejarah kelam pernah mencatat bagaimana mutu pelayanan dan layanan jasa transportasi ini memiliki potret yang cukup buruk. PT.KAI (Persero) perlu melakukan perubahan-perubahan secara menyeluruh dan mendasar baik menyangkut manajemen maupun SDM. Tanpa ada perubahan PT.KAI (Persero) akan semakin terpuruk pada suatu lembah kesan buruk dimata publik sebagai pengguna layanan transportasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi pada PT.KAI (Persero) dalam meningkatkan inovasi pelayanan public, inovasi apa yang dilakukan PT.KAI (Persero) dan pemilihan saluran komunikasi yang dilakukan PT.KAI (Persero) dalam meningkatkan inovasi pelayanan publik Berdasarkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi pada PT.KAI (Persero) adalah pola rantai karena dalam pola ini komunikasi dilakukan secara formal bertahap. Inovasi yang dilakukan PT.KAI (Persero) dengan melakukan perubahan struktur organisasi, perubahan teknologi, perubahan fisik dan perubahan individu. Pemilihan saluran komunikasi dalam PT.KAI (Persero) terdiri dari saluran internal melalui media berupa memo, surat perintah kerja maupun majalah internal perusahaan. Sedangkan saluran komunkasi eksternal dilakukan dengan pihak luar perusahaan melalui media cetak, media elektronik maupun media sosial. 

Kata Kunci: Komunikasi Organisasi, Inovasi, Pelayanan Publik


Keywords


Komunikasi Organisasi, Inovasi, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Andrianto, Findiana Galih. 2011. Pengaruh Remunerasi terhadap Motivasi Kerja Pegawai Studi Kasus Yayasan Pendidikan Telkom. Skripsi Sarjana pada Institut Manajemen Telkom Bandung.

Argenti, Paul. 2010. Komunikasi Korporat. Jakarta: Salemba Humanika.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Devito, JosephA. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

K. Yin, Robert. 2013. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Masmuh, Andullah. 2010. Komunikasi Organisasi Dalam Perspektif Teori dan Praktek. Malang: UMM Press.

Mulyana, Deddy. 2013. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Devito, JosephA. 2011. Komunikasi Antar Manusia. Pamulang-Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.19395

Flag Counter   Â