MAKNA FOTO SELFIE SEBAGAI BENTUK EKSPRESI DIRI MAHASISWA FIKOM UNISBA

Indryani Utarri Siregar, Oji Kurniadi

Abstract


Abstrak. Perkembangan teknologi komunikasi saat ini mengakibatkan perubahan yang cukup signifikan pada kehidupan manusia. Kemajuan dan perkembangan teknologi komunikasi, khususnya smartphone pada akhirnya dapat mengubah fungsi dari sebuah smartphone itu sendiri untuk hal fotografi seperti, foto selfie. Penelitian ini berjudul “Makna Foto Selfie Sebagai Bentuk Ekspresi Diri Mahasiswa Fikom Unisbaâ€. Proses pemaknaan diperoleh melalui persepsi, karakteristik dan ekspresi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif melalui pendekatan fenomenologi dengan menggunakan teori Schutz. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi lapangan, dokumentasi dan studi pustaka. Wawancara dilakukan terhadap tiga orang mahasiswa Fikom Unisba 2013. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan oleh peneliti, diperoleh kesimpulan persepsi mahasiswa terhadap foto selfie merupakan hal yang menarik, diminati dan tidak dilakukan berlebihan. Karakteristik pelaku foto selfie bisa dilihat dari berbagai usia mulai dari yang muda sampai tua dan dari kalangan menengah atas sampai menengah bawah sudah melakukan foto selfie. Ekspresi yang diperlihatkan mahasiswa pada saat melakukan foto selfie adalah senyuman dan ekspresi wajah yang lucu yang sedang trend pada saat ini, seperti manyun, peace dan candid. Hasil penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan teori yang telah dijadikan sebagai rujukan oleh peneliti.

Kata Kunci: Makna, Ekspresi Diri, Foto Selfie

References


B. Uno, Hamzah dan Nina Lamatenggo. 2010. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fajar, Marhaeni. 2009. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

F.E.U.I. 1981. Dasar-Dasar Demografi. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi: Konsep Pedoman dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjadjaran.

Liliweri, Alo. 1994. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noegroho, Agoeng. 2010. Teknologi Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. 2002. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumber Lain:

http://books.google.co.id/books?id pada tanggal 8 April 2014, pukul 15.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.189

Flag Counter   Â