Reputasi Media Digital dalam Perspektif Pengusaha Online

Defryta Axmarina Putri Sugandhi, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. The rapid development of technology has indeed brought many social changes in this world. This digital era leads all audiences to be able to rely on each of their jobs to the internet or social media, which at this time is rife, making it easier to access everything that happens. The presence of Instagram is one of the media that benefit entrepreneurs to make business in Instgram. One of them is the onl.ine skincare businessman. In this study researchers used qualitative research with the phenomenology method of Alferd Schutz, to find out the meanings, motives, experiences, and perceptions of online skincare entrepreneurs in building a reputation on Instagram. Until the results of the study found that 1) online skincare entrepreneurs found an opportunity through Instagram as an opportunity to open a business 2) the motive for building a reputation on Instagram was the desire to prove that Instagram has a beauty seller that has proven safety and originality 3) the amount of experience in the form of obstacles and encouragement, with this experience makes online skincare entrepreneurs better to build a reputation on Instagram. 4) the perception of online skincare entrepreneurs on Instagram is to facilitate the lives of those who need it, one of them is those who want to open a business in a practical, effective, and efficient manner.

 

Keywords: Social Media, Meanings, Motives, Experience and Perception

 

Abstrak. Pesatnya perkembangan teknologi memang membawa banyak perubahan sosial di dunia ini. Era digital ini menggiring semua khalayak untuk dapat mengandalkan setiap pekerjaannya kepada internet atau media sosial yang pada saat ini marak bermunculan memudahkan segala akses yang terjadi. Hadirnya Instagram menjadi salah satu media yang di manfaat kan para pengusaha untuk membuat usaha di Instgram. Salah satunya dalah para pengusaha onl.ine skincare. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode fenomenologi dari Alferd Schutz, untuk mengetahui makna,motif, pengalaman, dan persepsi para pengusaha online skincare dalam membangun reputasi di Instagram. Hingga dengan metode tersebut di temukannya hasil penelitian yaitu 1) para pengusaha online skincare menemukan sebuah peluang melalui Instagram sebagai peluang membuka usaha 2) motif yang di lakukan membangun reputasi di Instagram adalah adanya keinginan  untuk membuktikan bahwa melalui Instagram adanya penjual kecantikan yang terbukti keamanan dan originalitasnya 3) banyaknya pengalaman berupa hambatan dan dorongan, dengan adanya pengalaman tersebut membuat para pengusaha online skincare menjadi lebih baik lagi untuk membangun reputasi di Instagram. 4) persepsi para pengusaha online skincare terhadap Instagram adalah dapat memudahkan kehidupan siapun yang membutuhkannya, salah satunya adalah mereka yang ingin membuka usaha secara praktis, efektif, dan efesien.

 

Kata Kunci: Media Sosial, Makna, Motif, Pengalaman dan Persepsi

 


Keywords


Media Sosial, Makna, Motif, Pengalaman dan Persepsi

Full Text:

PDF

References


Mulyono S, Widjayanti, 2016 Ilmu

Sosial: Perkembangan dan Tantangan di Indonesia. Jakarta:Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Solomon, Michael R, 2011. Consumer

Behaviour (Buying, Having, and Being). New Jersey:Pearson

Nasrullah, Rulli 2015 Media Sosial

Perspektif Komunikasi, Budaya, danSosioteknologi. Bandung:PT. Remaja Rosdakarya Bandung

Syah Muhibbin 1995, Psikologi

Pendidikan dan Pendektan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sobur, Alex 2009, Psikologi Umum

Bandung: CV Pustaka Setia

Morissan, 2014 Teori Komunikasi

Individu Hingga Massa, Jakarta: Prenamedia Group

Kriyantono, Rachmat, 2014.

Teori Public Relations Perspektif Barat&LocalJakarta: PT.Kencana

Warta, Waska 2017. Manajemen

Reputasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Siagian, S. P. 2002. Kiat Meningkatkan

Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta

Kuswarono,Engkus.2009. Fenomenologi Bandung: PT. Widya pajadjaran

Jurnal

Yulianita, Neni. Wiwitan Tresna. 2018 Konstruksi Makna Marketing Public Relations di Perguruan Tinggi Swasta. INA-Rxiv




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18882

Flag Counter   Â