Personal Branding Tania Litani sebagai Food Blogger

Anggita Nada Nisrina, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. Digital revolution in the media today causes changes in social phenomena in society, one of which is the phenomenon that exists in online media today, which is a food blogger phenomenon that is currently happening. One of those included in the phenomenon who made himself a food blogger in the online media is Tania Litani with the personal branding he created on his Instagram account @Bandungfoodsociety. With the fast online media can build a constructive opinion on every community mind and can frame an issue or phenomenon created by one or a group.

The purpose of this research is to find out how personal branding Tania Litani through online media instagram. This study used a qualitative approach through the method of framing analysis of the William A. Gamson model. By using data collection techniques in the form of interviews with Tania Litani and William A Gamson's framing analysis techniques. From this research, the @Bandungfoodsociety account as Instagram online media constructs the personal branding of Tania Litani as a food blogger.

 

Keywords: Food Blogger, Personal Branding, Instagram, Framing Analysis

Abstrak. Revolusi digital pada media saat ini menyebabkan terjadinya perubahan pada fenomena sosial di masyarakat salah satunya fenomena yang ada pada media online saat ini adalah fenomena food blogger yang saat ini sedang marak terjadi. Salah seorang yang termasuk kepada fenomena tersebut yang menjadikan dirinya sebagai seorang food blogger yang ada pada media online tersebut adalah Tania Litani dengan personal branding  yang dia ciptakan pada account instagram @Bandungfoodsociety. Dengan cepatnya media online dapat membangun sebuah opini yang terkonstruk pada setiap benak masyarakat dan dapat membingkai sebuah isu atau fenomena yang diciptakan oleh seorang maupun kelompok.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana personal branding Tania Litani Melalui Media Online instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metode analisis framing model William A. Gamson. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara kepada Tania Litani dan teknik analisis framing William A Gamson.  Dari peenelitian ini bahwa account  @Bandungfoodsociety sebagai media online Instagram mengkonstruk personal branding dari Tania Litani sebagai seorang food blogger.

 

Kata kunci: Food Blogger, Personal Branding, Instagram, Analisis framing


Keywords


Food Blogger, Personal Branding, Instagram, Framing Analysis

Full Text:

PDF

References


Deddy, 2005. Analisis Framing : PT LkiS Pelangi Aksara, Yogyakarta.

Fadhol Tamimy, Muhammad, 2017. Sharing-mu Personal Branding-mu: Visi Media.

Haroen, Dewi,2014. Personal Branding : PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Mulyana, Deddy, 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Nasrullah, Rulli, 2017. Media Sosial :PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Romli, Khomsahrial,2016. Komunikasi Massa: PT Gramedia. Jakarta.

Sobur, Alex, 2012 Analisis Teks Media : PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

West, Richard & H. Turner, Lynn, 2008. Pengatar Teori Komunikasi : Penerbit Salemba Humanika, Jakarta.

Yulianita, Neni, 2012. Dasar – Dasar Public Relations : Pusat Penerbit Universitas (P2U), Bandung.

Syahbani, M. Fariz, 2017, “Food Blogger Instagram : Promotion Through Social media.†Vol 1 No 1, Administrasi Bisnis, Universitas Telkom.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18879

Flag Counter   Â