Strategi Publik Relations dalam Upaya Branding Prambors Radio Bandung
Abstract
Abstract. Prambors is a radio broadcast aimed at teenager in Indonesia. Prambors' full name is Prambors Rasisonia, which stands for Prambanan, Mendut, Borobudur, and Surrounding (Prambors) and the Commercial Social Broadcast Radio (Rasisonia). Initially Prambors was a radio broadcast that was pioneered by a group of young people from one nearby location in Central Jakarta (Jalan Prambanan, Jalan Mendut, Jalan Borobudur, and Surrounding Areas) which could only be heard in an area in Jakarta and its surrounding areas, until it became a number one teen music radio in Indonesia until now. But this is not happen to Prambors Radio Bandung. According to the results of the AC NIELSEN survey in 2019, Prambors Bandung ranks 15th in the city of Bandung. The titled of this research is "Public Relations Strategy in The Effort To Branding Prambors Radio (Descriptive Research About Public Relations Strategy In The Effort of Branding Prambors Radio of Bandung)". The purpose of this research is to find out how the strategy and also a process in the effort to branding Prambors Radio Bandung through public relations activities, for the example through the implementation of various event activities, the content of the Prambors Bandung broadcast program, and social activities made by Prambors Bandung. The method used in this research is quantitative descriptive method with qualitative data which aims to determine the public relations strategy of Prambors Bandung in its broader and deeper branding efforts. The data of this research were obtained through interviews with the sources of this research, that is the leaders of Prambors Radio Bandung, documentation and also literature studies.
Keywords: Strategy, Public Relations, Branding, Radio, Prambors
Â
Abstrak. Prambors adalah siaran radio yang ditujukan kepada kawula muda di Indonesia. Nama lengkap Prambors adalah Prambors Rasisonia, yang merupakan singkatan dari Prambanan, Mendut, Borobudur, dan Sekitarnya (Prambors) dan Radio Siaran Sosial Niaga (Rasisonia). Pada mulanya Prambors merupakan siaran radio yang dirintis sekelompok anak muda yang berasal dari satu lokasi yang berdekatan di Jakarta Pusat (Jalan Prambanan, Jalan Mendut, Jalan Borobudur, dan Sekitarnya) yang hanya dapat didengarkan di sebuah daerah di Jakarta dan sekitarnya, Hingga menjadi radio anak muda nomor satu di Indonesia hingga sekarang. Namun hal tersebut berbanding terbalik dengan Prambors Radio Bandung. Menurut hasil survei AC NIELSEN tahun 2019 menunjukan Prambors Bandung berada di urutan ke 15 radio di Kota Bandung. Penelitian ini berjudul "Strategi Public Relations dalam Upaya Branding Prambors Radio (Metode penelitian kuantitatif deskriptif mengenai strategi public relations dalam upaya branding Prambors Radio Bandung)". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu bagaimana strategi juga proses dalam upaya upaya branding Prambors Radio Bandung melalui berbagai kegiatan ke PRan nya, contohnya melalui pelaksanaan berbagai kegiatan event, konten program siaran Prambors Bandung, hingga kegiatan sosial yang dibuat Prambors Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif dengan data kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui strategi public relations Prambors Bandung dalam upaya branding nya secara lebih luas dan mendalam. Data penunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan nara sumber penelitian ini yaitu pemimpin dari Prambors Radio Bandung, dokumentasi dan juga studi pustaka.
Kata Kunci: Strategi, Public Relations, Branding, Radio, Prambors
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relations Praktis. Bandung : Widya Pajajaran.
Cangara, Hafied. 2015. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cetakan ke-15. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke-19. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Oliver, Sandra. 2006. Strategi Public Relations. Penerjemah: Sigit. London: Erlangga.
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvinaro. 2015. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Cetakan ke-1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbit Universitas (P2U) LPPM UNISBA.
Sutisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung. : PT Remaja Rosdakarya
Wijaya, Hari. 2016. "STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING SERTA STRATEGI HARGA PADA PERUSAHAAN KECAP BLEKOK DI CILACAP". Dalam jurnal AJIE - Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (e-ISSN: 2477- 0574 ; p-ISSN: 2477-3824) Vol. 01, No. 03, 2016 (hal 179-180)
Ahmadi, Nanang Khoirul. 2017. " ANALISIS SEGMENTASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK EIGER DI BANDAR LAMPUNG", dalam jurnal Manajemen Magister, Vol. 03. No.01, 2017 (hal 78-79)
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18650
  Â