HUBUNGAN LABEL HALAL PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH DENGAN MINAT BELI KONSUMEN

Cindy Amelia Yuhari, Wulan Trigartanti

Abstract


Penelitian ini berjudul Hubungan Label Halal Pada Produk Kosmetik Wardah Dengan Minat Beli Konsumen (Studi Korelasional) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara Origin, Mode, Physical Character dan Novelty pada produk kosmetik Wardah dengan minat beli konsumen. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi,Komunikasi Verbal,Teori Pesan Alo Liliweri untuk variabel X dan Minat Beli oleh Durianto dkk.Penelitian ini menggunakan metode korelasional. Metode korelasional adalah metode yang meneliti hubungan diantara variabel-variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswi Fikom Unisba yang masih aktif mulai dari angkatan 2010 – 2013 yang tercatat di Fakultas sebanyak 578 orang. Untuk menghitung jumlah sampel dari data populasi yang ada, digunakan rumus Yamane dengan mengambil batas kesalahan yaitu 10%, sehingga diperoleh sampel sebanyak 86 orang. Teknik pengambilan sampel disini menggunakan teknik sampling berstrata.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan Origin label halal dengan minat beli memiliki hubungan yang tinggi, hubungan Mode label halal yaitu tinggi , hubungan Physical Character label halal yaitu tinggi, hubungan Organization label halal tinggi kemudian hubungan Novelty label halal dengan minat beli konsumen juga memiliki nilai yang tinggi.


References


Darmadi Durianto, dkk. 2003. Invasi Pasar dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka

Darmawan, Deni. 2013. “Metode Penelitian Kuantitatifâ€. PT Remaja Rosdakarya.

Effendy, Onong Uchana. 2003. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:

PT. CitraAditya Bakti

Elvinaro, Ardianto. 2011. “Metodelogi Penelitian untuk Public Relationsâ€. Bandung: Simbioasa Rekatama Media

Liliweri, Alo. 2007. Dasar-dasar Komunikasi Antar Budaya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi : Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. “Manajemen Pemasaran†Edisi Kedua Belas dialihbahasakan oleh Benjamin Molan. Jakarta: PT Indeks.

Kriyantono, Rachmat. 2006. “Teknik Praktis Riset Komunikasiâ€. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Mulyana, Deddy.2010 “Ilmu Komunikasiâ€. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta Media

SUMBER LAIN :

www.wardahbeauty.com(Diakses pada 27 Maret 2014)

www.mui.org (Diakses pada 27 Maret 2014)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.186

Flag Counter   Â