Konstruksi Citra Calon Presiden 2019 di Harian Umum Kompas dan Republika

Raden Maulinnisa Siti Aisyah Surasetja, Riza Hernawati

Abstract


Abstract. The events contained in the mass media are the result of construction. The reality that is present in the mass media is formed by the subjective concept of journalists and is created from a certain perspective. The ideology of the media will influence journalists in forming the relevant frame of reporting. In this study, the author examines how the construction of the image of the  presidential candidates 2019 ahead of the election formed by two print mass media, namely Kompas and Republika because of different media ideologies. The purpose of this study is to find out how the construction of the presidential candidate's 2019 image in Kompas and Republika's general daily news. The method used is a qualitative method with the Robert N. Entman framing analysis approach. The results of this study are (1) Define problems in Kompas, Jokowi is ready for the general election, Prabowo criticizes the government. In Republika, Jokowi carries a public party, Prabowo religious activities, (2) Diagnose causes in Kompas, Jokowi has experience, Prabowo is the opposition. In Republika, Jokowi has a program, Prabowo has a concept, (3) Make moral judgement on Kompas, Jokowi has concrete data, Prabowo evaluates performance. In Republika, Jokowi holds a public party, Prabowo is closely attached to religious values, (4) Treatment recommendation for handling the Kompas, Jokowi needs to increase defense, Prabowo needs to provide a solution. In Republika, Jokowi's global campaign, Prabowo approaches the non-Muslim community. (5) Construction of the image of presidential candidates in Kompas, Jokowi has a positive image, Prabowo has a positive image, but still needs to improve his readiness. In Republika, Jokowi has an image as a Nationalist figure and Prabowo has an image as a religious figure.
Abstrak. Peristiwa yang terdapat pada media massa merupakan hasil konstruksi. Realitas yang hadir pada media massa terbentuk konsep subjektif wartawan dan tercipta dari sudut pandang tertentu. Ideologi media akan memengaruhi wartawan dalam membentuk bingkai pemberitaan yang bersangkutan. Dalam penelitian ini, penulis meneliti bagaimana konstruksi citra calon presiden 2019 menjelang Pemilu yang dibentuk oleh dua media massa cetak, yaitu Kompas dan Republika karena ideologi media yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana konstruksi citra calon presiden 2019 di dalam pemberitaan harian umum Kompas dan Republika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis framing model Robert N. Entman. Hasil penelitian ini adalah (1) Pendefinisian masalah pada Kompas, Jokowi siap untuk pemilihan umum, Prabowo mengkritisi pemerintahan. Pada Republika, Jokowi mengusung pesta rakyat, Prabowo kegiatan keagamaan, (2) Penyebab sumber masalah pada Kompas, Jokowi telah berpengalaman, Prabowo merupakan oposisi. Pada Republika, Jokowi memiliki program, Prabowo memiliki konsep, (3) Keputusan moral pada Kompas, Jokowi memiliki data konkret, Prabowo menilai kinerja. Pada Republika, Jokowi mengadakan pesta rakyat, Prabowo lekat dengan nilai keagamaan, (4) Saran penanggulangan pada Kompas, Jokowi perlu meningkatkan pertahanan, Prabowo perlu memberikan solusi. Pada Republika, Jokowi kampanye global, Prabowo pendekatan dengan masyarakat nonmuslim(5) Konstruksi citra calon presiden pada Kompas, Jokowi memiliki citra positif, Prabowo memiliki citra yang positif, namun masih perlu membenahi kesiapannya. Pada Republika, Jokowi memiliki citra sebagai sosok Nasionalis dan Prabowo memiliki citra sebagai sosok agamais.

Keywords


Image Construction, Kompas, Republika, Framing Analysis. Konstruksi Citra, Kompas, Republika, Analisis Framing.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Eriyanto. 2011. Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta : LKiS.

Fredette, Jennifer. 2014. Constructing Muslims in France. Philadelphia: Temple University Press.

Hamad, Ibnu. 2004. Konstruksi Realitas Politik dalam Media Massa sebuah Study Critical Discourse Analysis Discourse. Jakarta: Granit.

Kriyantono, R.P. 2012. Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

McQuail, Denis. 2012. Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Ruslan, Rosady. 2010. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sobur, Alex. 2015. Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisi Framing. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sumadiria, AS Haris. 2005. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita dan Feature Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: LPPM Unisba.

Rosyidin, Iding dan Gun Gun Heryanto. 2015. “Konstruksi Citra Partai Islam pada Pemilu 2014 Pendekatan Fikih-Siyasahâ€, dalam Ijtihad Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, Vol 14, No.1, Juni Tahun 2015.

Wulandari, Putri dan Riza Hernawati. 2016. “Konstruksi Citra Universitas Islam Bandung dalam Bingkai Media Terkait Kasus Alumni Universitas Islam Bandung Terduga ISISâ€, dalam Prosiding SPeSia Hubungan Masyarakat Vol 2, No.2, Tahun 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.18048

Flag Counter   Â