Hubungan Penggunaan Media Instagram Asian Games 2018 dengan Minat Berolahraga Followers Instagram Asian Games 2018

Siti Komariah, Maman Chatamallah

Abstract


Abstract. Use of the 2018 Instagram Asian Games media with increasing interest in exercising the 2018 Asian Games Instagram followers. Asian Games are one of the second largest competitions in Indonesia after the Olympics so that it becomes very interesting to study and also based on a survey conducted by the Ministry of Youth and Sports that interests people in sports the percentage of the population who exercise 30 minutes and lack of exercise in the Indonesian community on average is only 32%. The purpose of this study is to find out how the connection between the 2018 Asian Games Instagram media usage is in increasing Interest in Exercising Followers of the 2018 Asian Games Instagram. Method used in this study is quantitative with a correlational approach. Theory used in this study is the theory of Uses and Gratification. The population used in this study is the Instagram Games of the 2018 Asian Games with a total of 682,050 Followers. The sampling technique used was Simple Random Sampling and obtained a sample of as many as 100 people. Data collection techniques used were questionnaires, literature studies, and observations. This study focuses on the media use of the 2018 Instagram Asian Games. The results show that in general there is a significant relationship between the use of Instagram Asian Games media and the interest in exercising in the 2018 Asian Games Instagram Followers.

Abstrak. Penggunaan media Instagram Asian Games 2018 dengan peningkatkan minat berolahraga Followers Instagram Asian Games 2018. Asian Games merupakan salah satu perlombaan terbesar ke 2 yang ada di Indonesia setelah olimpiade sehingga hal tersebut menjadi suatu yang sangat menarik untuk diteliti dan juga berdasarkan survey yang dilakukan oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga bahwa Minat Olahraga masyarakat “persentase penduduk yang melakukan olah raga 30 menit dan kurang berolahraga masyarakat indonesia rata-rata hanya sebesar 32%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Hubungan antara penggunaan media Instagram Asian Games 2018 dalam peningkatkan Minat Berolahraga Followers Instagram Asian Games 2018. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Korelasional. Teori yang di gunakan penelitian ini adalah teori Uses And Gratifiation. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Followers Instagram Asian Games 2018 dengan jumlah sebanyak 682.050 Followers. Dengan teknik pengambilan Sempel yang digunakan adalah Simple Random Sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyal 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, studi pustaka, dan obsevasi. Penelitian ini difokuskan pada penggunaan media Instagram Asian Games 2018. Hasilnya menunjukan bahwa bahwa secara umum terdapat hubungan yang cukup berarti antara penggunaan media Instagram Asian Games dengan minat berolahraga di kalangan Followers Instagram Asian Games 2018.


Keywords


Uses And Gratifiation, Penggunaan Media, Instagram, Followers, Minat Berolahraga, Asian Games 2018

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Darmawan, Deni. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Hidayat, Dedy Nur. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Rakhmat, Jalaluddin Ibrahim, Idi Subandy. 2016. Metode Penelitian Komunukasi: Dilengkapi contoh analisis statistik dan penafsirannya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Kemenpora. 2017. “Laporan Kinerja Kementrian Pemuda dan Olahraga†http://kemenpora.go.id/img_upload/files/LAKIP%202017.pdf . Tanggal diakses 25 Februari 2019. Pukul 15.40




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17059

Flag Counter   Â