Community Relations PT. Indocement Melalui Kerjasama dengan Bilikom
Abstract
Abstract. PT. Indocement create descussion forums Bilikom (Environmental development and communication) village development held regularly to discuss about public’s anxiety in order to build good cooperation between the community around the company. The purpose of this research is to find out how the cooperation of communication patterns in CSR departement of PT. Indocement in managing community relations with Bilikom village development. The method used in this research is qualitative with case study approach. Bilikom become the representative program of the company doing the managerial role of Public Relations and communication forum to facilitate aspiration; information regarding the progress of CSR program; criticized the activities of PT. Indocement and provide ideas or solutions in order to deal with environmental degradation. Communication patterns formed is circular. Obstacles encountered in the implementation of Bilikom are lack of socialication to the individual who are not part of Bilikom forums, miss communications between the community and PT. Indocement, the handling process of CSR program that takes time. Bilikom forums aims to determine the dynamic of growing community. In accordance with the process of Community Relations, the community around the organization has significant power over the operations of the factory, therefore both parties must maintain good relations. The social exchanges between PT. indocement and community of the village development built due to the depedency relationship.
Keywords: Community Relations, Social Exchange, Communication patterns
Abstrak. PT. Indocement membuat forum diskusi Bilikom (Bina Lingkungan dan Komunikasi) desa binaan dengan rutin untuk membahas keresahan masyarakat dan demi membangunnya kerjasama yang baik antara masyarakat sekitar dengan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi kerjasama bagian CSR PT Indocement dalam mengelola Community Relations dengan Bilikom desa binaan . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Bilikom menjadi perwakilan perusahaan dengan melaksanakan peran manajerial Public Relations dan forum komunikasi untuk mewadahi aspirasi, informasi mengenai progres program CSR, mengkritisi kegiatan PT. Indocement dan memberikan ide-ide ataupun solusi menangani kerusakan lingkungan. Pola komunikasi yang terbentuk yaitu Sirkular. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Forum Bilikom kurangnya sosialisasi kepada warga desa binaan yang tidak mengikuti Bilikom, miss komunikasi antara pihak warga dan Indocement, Penanganan proses tindak lanjut program CSR yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Forum Bilikom bertujuan untuk mengetahui dinamika yang berkembang dimasyarakat, kondisi terakhir masyarakat terhadap operasional pabrik. Sesuai dengan prosesnya Community Relations, masyarakat sekitar organisasi memiliki kekuatan signifikan terhadap kegiatan operasional pabrik oleh karena itu kedua belah pihak harus menjaga hubungan baik. Adanya pertukaran sosial PT. Indocement dan warga desa binaan dikarenakan memiliki hubungan saling ketergantungan.
Kata Kunci : Community relations, Pertukaran Sosial, Pola komunikasi
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, Onong Uchjana 2011. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek: Bandung. Remaja Rosdakarya.
Iriantara, Yosal. 2010. Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Lattimore, Baskin, Heiman, dan Elizabeth L. Toth. 2010. Public Relations Profesi dan Praktik. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
Ngalimun. 2018. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Richard West dan Lynn H. Turner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika
Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh dan Ardianto, Elvirnaro. 2010. Dasar – dasar Public Relations. Bandung : Penerbit Remaja Rosda Karya
Yulianita, Neni. 2012. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : P2U-LPPM UNISBA
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.17029
  Â