Strategi Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Promosi dari Kineruku

Muhammad Reza Firdaus, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Kineruku is a library, bookstore and café located in Hegarmanah Street No. 52 Bandung. This place provides references about books, music, films, and also they served food and drinks that have become the hallmark of Kineruku itself such as cucumber ice drinks and Ruku green rice food. Kineruku only used word of mouth as their promotional activity for 16 years, and they never paid for marketing. By utilizing existing media such as now and various kind of media platforms, Kineruku use Instagram, Twitter, and Website as a promotional media and their information dissemination media. The research method which is do by researchers is qualitative research with a case study approach so that research problems can be described in depth. And also in order to understand the uniqueness of the object under study and explore the main phenomena in the object under study and gain deep understanding and find something unique. The technique of collecting data uses in-depth interviews with 5 informants, namely with owner and content management staff Kineruku, and also with loyal consumers Kineruku, non-participant observation, literature studies and documentation. The results of this research indicate that word of mouth promotion carried out by Kineruku is a strategy to create positive word of mouth, by providing experience that exceeds customer expectations in order to encourage consumers to discuss or recommend Kineruku, they improve service and utilize the interior and exterior of the Kineruku library, providing information that can be shared or forwarded about what products are available for borrowing or selling to consumers. Content aesthetics that do not eliminate the value of intimacy that attracts consumers, works with social networks, and doing regrams activities that use consumers who have visited and write reviews as talkers. To maintain customer loyalty, Kineruku maximize the quality service and products to make consumers comfortable to read some books in there, find references, and fulfill consumers needs, so they can reach benefits between Kineruku and consumers.

Keywords:      Kineruku, Word Of Mouth Strategy, Promotion

Abstrak. Kineruku adalah perpustakaan, toko buku, dan café yang terletak di Jl. Hegarmanah No. 52 Bandung. Tempat ini menyediakan referensi seputar buku, musik, film, dan juga makanan dan minuman yang sudah menjadi ciri khas dari Kineruku sendiri seperti minuman es timun dan makanan nasi hijau ruku. Kineruku hanya menggunakan word of mouth sebagai kegiatan promosi mereka selama 16 tahun, dan mereka tidak pernah mengeluarkan biaya untuk melakukan pemasaran. Dengan memanfaatkan media yang ada seperti sekarang dan berbagai macam platform media, Kineruku menggunakan Instagram, Twitter, dan website sebagai media promosi dan media penyebaran informasi mereka. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus sehingga masalah penelitian dapat digambarkan secara mendalam. Dan juga agar dapat memahami keunikan dari objek yang diteliti serta mengeksplorasi fenomena utama pada objek yang diteliti dan memperoleh pemahaman yang mendalam serta menemukan sesuatu yang unik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam kepada 5 informan, yaitu dengan owner dan staff manajemen konten Kineruku serta para konsumen loyal Kineruku, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi word of mouth yang dilakukan oleh Kineruku adalah melakukan strategi menciptakan word of mouth yang positif, dengan memberikan pengalaman yang melebihi harapan pelanggan agar mendorong konsumen untuk membicarakan atau merekomendasikan Kineruku, mereka meningkatkan pelayanan dan memanfaatkan interior dan eksterior perpustakaan Kineruku, memberikan informasi yang dapat dibagi atau diteruskan mengenai produk apa saja yang tersedia untuk dipinjam maupun dijual bagi para konsumen. Estetika konten yang tidak menghilangkan nilai keintiman yang menjadi daya tarik bagi para konsumen, bekerja sama dengan jaringan sosial, dan melakukan praktek regram yang memanfaatkan konsumen sebagai talker yang sudah berkunjung dan menulis ulasan. Untuk mempertahankan loyalitas pelanggan, Kineruku memaksimalkan kualitas pelayanan dan produk sehingga mencapai keuntungan antara pihak Kineruku dengan para konsumen.

Kata Kunci :    Kineruku, Strategi word of mouth, Promosi


Keywords


Kineruku, Strategi Word Of Mouth, Promosi

Full Text:

PDF

References


Buku:

Bungin, Burhan. 2015. Komunikasi Pariwisata (Pemasaran dan Brand Destinasi). Jakarta: Kencana.

Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran: Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.

Gunawan, Imam, 2013. Metode Penelitian Kualitatif : Teori & Praktik. Jakarta : Bumi Aksara.

Hasan, Ali, 2010. Marketing dari Mulut ke Mulut, Yogyakarta : Media Pressindo.

K. Yin, Robert. 2015. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kasali, Rhenald. 2003. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di

Indonesia. Jakarta: PT. Pusaka Utama Grafiti.

Kotler, Phillip dan K. L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Index.

Kotler, Phillip dan K. L.Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktisi Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Pujileksono, Sugeng. 2016. Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang : Intrans Publishing.

Ruslan, Rosady. 2012. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers.

Sernovitz, Andi. 2009. Word of mouth Marketing. New York: Kaplan.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kualitatif Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Bandung: Alfabeta.

Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy. 2007, Strategi Pemasaran edisi ke dua. Yogyakarta : Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Yazid. 2008. Pemasaran Jasa: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Sumber Lain:

Faruqi, Ahmad. 2017. “Analisis Strategi Word Of Mouth Marketing Akun Instagram @Exploresawahluntoâ€, dalam e-Proceeding of Management Vol. 4 No. 1/April 2017.

Fauzi, Achmad. 2018. “Pengaruh Word Of Mouth Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Coffee Toffee Cabang Kota Malang)â€, dalam Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 55 No. 3/Februari 2018.

Farhana. 2015. “Word Of Mouth Sebagai Sarana Promosi Warunk Upnormal Dengan Menggunakan Media Sosial Twitterâ€, dalam Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba (Sosial dan Humaniora).

Pamungkas, Bagas. 2016. “Pengaruh Promosi Di Media Sosial dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Kedai Bontacos, Jombang.)â€, dalam Jurnal Komunikasi Vol. X No. 2/September 2016.

Soleh, Isa Nurhayat. 2014. “Strategi Word Of Mouth Marketing Dalam Mengokohkan Brand Awareness (Studi Deskriptif Kualitatif pada jasa pengiriman PT. JNE Cabang Yogyakarta).†Yogyakarta : Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Wiwitan, Tresna Dkk. 2017. “Strategi ‘Marketing Public Relations’ Perguruan Tinggi Islam Swasta: Peluang dan Tantangan di Era MEAâ€, dalam Jurnal Mediator Komunikasi Vol. 10 No. 1/Juni 2017

https://instagram.com/kineruku. Diakses pada tanggal 22 Mei 2019 pukul 20:45 WIB.

https://kineruku.com/wawancara-budi-rani/. Diakses pada tanggal 7 Februari 2019 pukul 21:00 WIB.

https://kineruku.com. Diakses pada tanggal 6 Februari 2019 pukul 17:15 WIB.

https://twitter.com/kineruku. Diakses pada tanggal 2 Juni 2019 pukul 22:20 WIB.

Word of mouth marketing : https://www.bigcommerce.com/blog/word-of-mouth-marketing/#word-of-mouth-marketing-statistics. Diakses pada tanggal 6 Februari 2019 pukul 20:15 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16926

Flag Counter   Â