Strategi Branding Perusahaan Yogurt Yoforia

Giyanti Indah, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. PT. Prima Lakto Sehat is a company engaged in the production of yogurt drinks with their brand name, Yoforia. It’s located in Bandung, Java West, established since 2015, has a vision to become a world-class food & beverage manufacturer with a commitment to produce quality, halal, innovative and integrity products. One of the main values of Yoforia is "share the goodness". Through the products they produce, it is expected to bring goodness in health and also develop a more prosperous people’s life. This research entitled "Branding Strategy of Yoforia Yogurt drink (Qualitative research method using a case study approach regarding PT Prima Lakto Sehat's Public Relations branding strategy through the program"Melangkah Ke Baitullah)â€. The purpose of this study is to find out how the strategy and branding management process of the Yoforia Yogurt company through various Public Relations’s activities, one of which is the program "Melangkah to Baitullah". The method used in this study is a qualitative method with a case study approach that aims to determine the Public Relations branding strategy of PT. Prima Lakto Sehat in a wider and deeper. The supporting data of this research were obtained through interviews with the main informan of this research which is the winner of “Melangkah ke Baitullah†program, and key informan of the research, namely Marketing Communication Supervisor, observation, documentation and study literature.

Keywords: Branding Strategy, Public Relations, Company, Program, Yoforia

Abstrak. PT. Prima Lakto Sehat adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi minuman yogurt dengan nama brandnya yaitu Yoforia. PT. Prima Lakto Sehat berdomisili di Bandung, Jawa Barat, berdiri sejak tahun 2015, memiliki visi menjadi produsen makanan & minuman kelas dunia dengan komitmen menghasilkan produk yang berkualitas, halal, inovatif, dan berintegritas. Salah satu value utama dari perusahaan ini adalah “share the goodnessâ€, membagi kebaikan. Melalui produk yang mereka hasilkan, diharapkan membawa kebaikan di dalam kesehatan dan juga mengembangkan kehidupan yang lebih sejahtera di tengah masyarakat. Penelitian ini berjudul “Strategi Branding Minuman Yogurt Yoforia (Metode penelitian kualitatif menggunakan pendekatan studi kasus mengenai strategi branding humas PT. Prima Lakto Sehat melalui program “Melangkah Ke Baitullah)â€. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi juga proses manajemen branding  dari perusahaan Yoghurt Yoforia melalui berbagai kegiatan ke PRan nya, salah satunya yaitu program “Melangkah ke Baitullahâ€. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui strategi branding humas PT. Prima Lakto Sehat secara lebih luas dan mendalam. Data penunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan informan utama penelitian ini yaitu salah satu pemenang program “Melangkah ke Baitullah†dan key informan penelitian ini yaitu Marketing Communication Supervisor Yogurt Yoforia, observasi langsung dari peneliti, dokumentasi dan studi pustaka.

Kata Kunci: Strategi Branding, Public Relations, Perusahaan, Program, Yoforia


Keywords


Strategi Branding, Public Relations, Perusahaan, Program, Yoforia

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Buku :

Kertamukti, Rama. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Cetakan ke-1. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke-19. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung : Pusat Penerbit Universitas (P2U) LPPM UNISBA.

Internet :

- ATL – BTL – TTL Marketingâ€, http://www.r2plan.com/atl-btl-ttl-marketing/ Tanggal akses 07 Mei 2019, pk. 21.35 WIB.

- Irwanto, Rudi. “Fenomena Trough The Line†dan Ambient di Tengah Media Periklanan Konvensionalâ€, http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel9B1524DF8A2D6ECB8DDE4314ECC850F5.pdf . Tanggal akses 08 Mei 2019, pk. 11.20 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16886

Flag Counter   Â