Citra Wanita China pada Iklan Lipstik ZARA

Sari Febryanti Wibisono, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Abstract. Advertising basically aims to promote an item or service. Every company competes to be able to attract the consumers’ attention to buy / use the products / services they advertise. ZARA as the world's leading fashion company has just released its new cosmetic product in the form of lipstick. However, the advertisement published by ZARA on Weibo received many negative comments from Chinese citizens, because the Chinese female model in the ad had freckles. This study aims to to find out and analyze the meanings of representament (sign), object, and interpretant) in ZARA lipstick advertisements; as well as to review and analyze the image of Chinese women on ZARA lipstick advertisements. The research method applied in this study is qualitative using a semiotic approach. Semiotic analysis in this study refers to the theory of Charles Sanders Pierce. Data collection methods used in this study were observation, interviews, documentation, and library studies. The data obtained will then be analyzed using source triangulation. The results of this study indicate that the image of Chinese women is illustrated by how the make up is used by the model. That makes the image of Chinese women in ZARA lipstick advertisements considered bad by Chinese society itself. The image is formed because of the views of Chinese people who consider that freckles is a physical imperfection owned by someone.

Keywords: Semiotics, Advertisement, Image, ZARA

Abstrak. Iklan pada dasarnya bertujuan untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menarik perhatian konsumen agar dapat membeli/menggunakan produk/jasa yang mereka iklan kan. ZARA sebagai perusahaan busana ternama di dunia baru saja mengeluarkan produk kosmetik barunya berupa lipstik. Namun iklan yang ZARA publikasikan di Weibo mendapat banyak komentar negatif dari warga China karena model wanita China yang ada di dalam iklan tersebut memiliki freckles. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis makna tanda (representament (sign), object, dan interpretant) yang terdapat dalam iklan lipstik ZARA. Untuk mengkaji dan menganalisis citra wanita China pada iklan lipstik ZARA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan semiotika. Analisis semiotika dalam penelitian ini menggunakan teori Charles Sanders Pierce. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian akan di analisis menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra wanita China digambarkan oleh bagaimana make up yang digunakan oleh model. Hal itu menjadikan citra wanita China dalam iklan lipstik ZARA dipandang buruk oleh masyarakat China itu sendiri. Citra tersebut dikarenakan pandangan masyarakat China yang menganggap bahwa freckles merupakan sebuah ketidaksempurnaan fisik yang dimiliki oleh seseorang.

Kata kunci: Semiotika, Iklan, Citra, ZARA


Keywords


Semiotika, Iklan, Citra, ZARA

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Idi Subandy. 2007. Budaya Populer Sebagai Komunikasi (Dinamika Popscape dan Mediascape di Indonesia Kontemporer). Yogyakarta: Jalasutra.

Jaiz, Muhammad. 2014. Dasar-Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moleong, Lexy J. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2010. Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2015. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke-19. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Piliang, Yasraf Amir. 2018. Kecerdasan Semiotika Melampaui Dialektika dan Fenomena. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Sobur, Alex. 2003. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. 2008. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suratman, Bambang & Wulandari, Siti. 2017. Public Relations Talent of PR. Jakarta: Salemba Humanika.

Vera, Nawiroh. 2014. Semiotika dalam Riset Komunikasi. Cetakan ke-1. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16877

Flag Counter   Â