Hubungan Antara Komunikasi Antar Pribadi Guru Bimbingan Konseling Dan Siswa Dengan Pembentukan Karakter di MAN 1 Bandung

Muhammad Abdul Azis, Erik Setiawan

Abstract


Abstract. Interpersonal communication is one communication that can change a person's character, so interpersonal communication is one of the ways done by counseling teachers in MAN 1 Bandung to shape the character of his students. High school students in general are around the age of teens who always try new things looking for their identity. MAN 1 Bandung Islamic schools at the high school level also experience the same thing every week there are always students who violate the rules in the school environment and besides that, the MAN 1 Bandung school has a considerable amount of comparison when compared to other schools. From the efforts of counseling teachers to face students there is one of the most routinely used strategies is interpersonal communication. This study attempts to explain the relationship between interpersonal communication and character formation. More clearly about how interpersonal communication counseling teachers consist of openness, empathy, supportive attitude, positive attitude, equality relates to moral knowledge and moral actions of character formation. The theory used is S-R interpersonal communication is a variable (X) which means that stimulus and character formation are variables (Y), namely response. The quantitative method with the correlational approach is used in this study to test whether there is a relationship between the two variables. The results showed that (1) interpersonal communication has a very strong relationship with the formation of character (2) interpersonal communication has a strong relationship with moral knowledge (3) interpersonal communication has a strong relationship with moral actions (4) openness has a strong relationship with moral knowledge (5) openness has a moderate relationship with moral action (6) empathy has a strong relationship with moral knowledge (7) empathy has a relationship that is moderate with moral actions (8) supportive attitude has a strong relationship with moral knowledge (9) supportive attitude has a strong relationship with moral action (10) positive attitude has a strong relationship with moral knowledge (11) positive attitude has a strong relationship with moral action (12) equality has a strong relationship with moral knowledge (13) equality has a relationship strong with moral actions.

 

Keyword : Interpersonal Communication, Character Building, Teacher, Student, Counseling Guidance, MAN 1 Bandung.

 

Abstrak. Komunikasi antarpribadi merupakan salah satu komunikasi yang dapat mengubah karakter seseorang, maka komunikasi antarpribadi menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh guru bimbingan konseling di MAN 1 Bandung untuk membentuk karakter siswa nya. Siswa SMA pada umumnya ialah berkisar menginjak usia remaja yang selalu mencoba hal baru mencari jati dirinya. MAN 1 Bandung sekolah islam yang setingkat SMA pun mengalami hal yang sama setiap minggu selalu ada siswa yang melanggar-melanggar peraturan dilingkungan sekolah dan disamping itu sekolah MAN 1 Bandung memiliki pearturan yang cukup banyak jika dibandingkan dengan sekolah setingkat lainnya. Dari beberapa upaya guru bimbingan konseling menghadapi siswa ada salah satu strategi yang paling rutin digunakan ialah komunikasi antarpribadi. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan hubungan komunikasi antarpribadi dengan pembentukan karakter. Lebih jelasnya mengenai bagimana komunikasi antarpribadi guru bimbingan konseling yang terdiri dari keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, kesetaraan berhubungan dengan pengetahuan moral dan tindakan moral dari pembentukan karakter. Teori yang digunakan nya ialah S-R komunikasi antarpribadi merupakan variabel (X) yang berarti stimulus dan pembentukan karakter merupakan variabel (Y) yaitu respon. Metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional digunakan dalam penelitian ini untuk menguji ada tidaknya hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) komunikasi antarpribadi memiliki hubungan yang sangat kuat dengan pembentukan karakter (2) komunikasi antarpribadi memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (3) komunikasi antarpribadi memiliki hubungan yang kuat dengan tindakan moral (4) keterbukaan memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (5) keterbukaan memiliki hubungan yang sedang dengan tindakan moral (6) empati memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (7) empati memiliki hubungan yang sedang dengan tindakan moral (8) sikap mendukung memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (9) sikap mendukung memiliki hubungan yang kuat dengan tindakan moral (10) sikap positif memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (11) sikap positif memiliki hubungan yang kuat dengan tindakan moral (12) kesetaraan memiliki hubungan yang kuat dengan pengetahuan moral (13) kesetaraan memiliki hubungan yang kuat dengan tindakan moral.

 

Kata Kunci :  Komunikasi Antarpribadi, Pembentukan Karakter, Guru, Siswa, Bimbingan Konseling, MAN 1 Bandung.

 


Keywords


Komunikasi Antarpribadi, Pembentukan Karakter, Guru, Siswa, Bimbingan Konseling, MAN 1 Bandung.

Full Text:

PDF

References


Alex, Sobur. 2003. Psikologi Umum, Bandung; Pustaka setia

W. A. Widjaja, 2008. Komunikasi dan Hubungan Mayarakat, Jakarta: Bumi Aksara

Suranto AW. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ahmad, Syawarni dan Harapan, Edi, 2014. Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Suyanto. Agus, 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara

Uyu Wahyudin, 2012. Mendidik untuk Membentuk Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara

Anne Ratnasari. 2007 “Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Bermedia Internet terhadap Persahabatan Mahasiswa di Dunia Mayaâ€. Mediator Jurnal Komunikasi, Vol 8 No. 1. Universitas Islam Bandung.

Junita Ike dan Wulan Tri Gartanti. 2014 “Komunikasi Antarpribadi dalam Membangun Suasana Belajar di Sekolah Inklusifâ€. Mimbar Jurnal Volume 28 No. 2. Universitas Islam Bandung.

Puspa Sonya dan Dudung Abdurrahman. 2018. “Komunikasi Antarpribadi Guru Bahasa Jerman Untuk Memotivasi Siswa SMAN 7 Bandung Mengikuti Olimpiade ke Jermanâ€, dalam Prosiding Hubungan Masyarakat Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Bandung Vol 4, No. 2 Agustus 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16750

Flag Counter   Â