Opini Pendengar Terhadap Program First Flight Di Radio 99ers Bandung

Nur Azizah, Tresna Wiwitan

Abstract


Abstract. Credibility and message content are two important aspects in communication activities, because these two aspects are the basis of the attractiveness of communicators when conveying information or when interacting with others. Therefore, when the communicator or the person who gives the message does not have credibility and the contents of the message are of low quality, it will cause inconvenience to the listener so the listener will leave the communicator. First Flight Program on Radio 99ers Bandung is a broadcast program that has teen market segmentation so communicators must be able to adjust the language while broadcasting so that listeners remain loyal to the event and are encouraged to be active in the broadcast program.

The purpose of this study is to find out the credibility of the message communicator on the first flight program broadcast on Radio 99ers Bandung, while the object of the research is the opinion of the First Flight Program on Radio 99ers Bandung where the analysis uses the SOR theory where the stimulus is the publisher's credibility and message content and those who become organisms, namely active listeners of the first flight program on Radio 99ers Bandung, are expected to be able to pay attention, understand and receive information conveyed by broadcasters.

The results of the study suggest that the listener's opinion on the content of the message conveyed by the announcer in the first flight program on Radio 99ers Bandung is in a very good category, although there are indicators of credibility which have the lowest value, namely the use of unambiguous language and listeners' opinion on the credibility of broadcasters the first flight program on Radio 99ers Bandung is in a very good category, even though there is an indicator of credibility which has the lowest value of trust.

Keywords: Radio broadcast, credibility, message content and mass communication.

Abstrak. Kredibilitas dan isi pesan merupakan dua aspek yang penting dalam aktivitas komunikasi, karena kedua aspek tersebut merupakan dasar dari daya tarik komunikator ketika menyampaikan suatu informasi atau ketika melakukan interaksi dengan orang lain. Oleh karena itu, ketika komunikator atau yang memberikan pesan tidak memiliki kredibilitas dan isi pesanya berkualitas rendah maka akan menimbulkan ketidaknyamanan pada pendengar sehingga pendengar akan meninggalkan komunikator tersebut. Program First Flight di Radio 99ers Bandung merupakan program siaran yang memiliki segmentasi pasar remaja sehingga komunikator harus dapat menyesuaikan Bahasa ketika sedang melakukan siaran supaya pendengar tetap setia berada pada acara dan terdorong untuk aktif dalam acara siaran tersebut.

Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kredibilitas da nisi pesan komunikator pada siaran program first flight di Radio 99ers Bandung, sedangkan objek penelitian adalah opini pendengar terhadap Program First Flight di Radio 99ers Bandung dimana analisis menggunakan teori S-O-R dimana yang menjadi stimulus aadalah kredibilitas penyiar dan isi pesan serta yang menjadi organisme yaitu pendengar aktif program first flight di Radio 99ers Bandung diharpkan dapat memperhatikan, mengerti dan menerima informasi yang disampaikan oleh penyiar.

Hasil penelitian menunjuan jika opini pendengar terhadap isi pesan yang disampaikan penyiar dalam program first flight di Radio 99ers Bandung berada pada kategori yang sangat baik, meskipun terdapat indikator dari kredibilitas yang memiliki nilai terendah yaitu pada penggunaan Bahasa yang tidak ambigu dan opini pendengar terhadap kredibilitas penyiar dalam program first flight di Radio 99ers Bandung berada pada kategori yang sangat baik, meskipun terdapat indikator dari kredibilitas yang memiliki nilai terendah yaitu pada kepercayaan.

Kata Kunci : Siaran Radio, kredibilitas, isi pesan dan komuniksi masa.


Keywords


Siaran Radio, kredibilitas, isi pesan dan komuniksi massa

Full Text:

PDF

References


Mar'at. 1981. Sikap Manusia, Perubahan serta Pengukurannya. Jakarta : Ghalia.

Sabur, Betty RF. 2008. Televisi Publik. Kajian Tentnang Opini Masyarakat Kota Bandung Mengenai TV Publik. Mediator Vol. 9 No.2 Desember 2008.

Effendy, Onong Uchjana. 1993, Ilmu teori dan filsafat komunikasi, Bandung : PT. Citra Aditya Bakti.

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Husein Umar. 2013. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis. Jakarta: Rajawali.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.16518

Flag Counter   Â