MAKNA EMOTICON DALAM MEDIA SOSIAL PATH

Forza Rico, M.E Fuady

Abstract


Media sosial Path merupakan salah satu media sosial yang banyak diminati oleh penggunanya sebagai tempat berbagi ekspresi atau informasi menggunakan fasilitas yang di sediakan oleh Path seperti menggunggah status, foto, musik, tempat, dll. Salah satu fasilitas yang ada pada media sosial Path yaitu emoticon yang di sediakan untuk mengungkapkan ekspresi yang kita rasakan sebagai tanda respon terhadap suatu unggahan yang dilakukan oleh teman yang ada pada timeline media sosial Path. Emoticon dalam Path tersebut ada lima yaitu smile, laugh, gasped, frowned, dan love. Setiap emoticon merupakan tanda yang memiliki objek dan menimbulkan interpretant pada benak setiap penggunanya, dengan begitu penulis melakukan penelitian mengenai “Makna Emoticon Dalam Media Sosial Pathâ€. Penelitian ini menggunakan study kualitatif dengan pendekatan semiotika yang menggunakan landasan teori segitiga makna C.S. Pierce. Berdasarkan analisa data yang di peroleh melalui observasi, dan diperkuat dengan wawancara oleh empat orang informan, serta studi pustaka sebagai pendukung penelitian ini, emoticon yang di sediakan oleh media sosial Path merupakan emoticon yang mewakili suatu tanda dari ekspresi wajah seseorang yang sering dilakukan sehari-hari. Penggunaan emoticon dalam Path merupakan ungkapan sebuah respon di mana penggunaan emoticon dipilih sesuai emosi dan situasi saat pertukaran pesan non verbal tersebut berlangsung.

References


Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya, Edisi pertama, Cetakan ke-2. Jakarta: Kencana.

Henry. Jerkins. 2006. Convergence Culture: Where Old Media and New Media Collide. New York: NYU Press.

LaQuey, Tracy L. 1997. Sahabat Internet. Terjemahan Hans J. Wosparkrik. Bandung: Penerbit ITB.

Moleong, Lexy J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Mulyana, Deddy. 2008 Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rogers, Everett, M. (Ed). 1989. Komunikasi dan Pembangunan: Perspektif Kritis. Jakarta: LP3S.

Sobur, Alex. 2002. Analisis Teks Media, Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

__________.2009. Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotika dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, Tommy. 2006. Pengantar Teori Komunikasi. Yogyakarta: Media Pressindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.157

Flag Counter   Â