HUBUNGAN ANTARA RUBRIK FORUM DENGAN KEBUTUHAN INFORMASI KOMUNITAS JEPRET UNISBA

Mohamad Arief Hidayat, Oji Kurniadi

Abstract


Abstrak. Perkembangan dunia fotografi saat ini sangat pesat. Website sebagai media yang bercakupan luas, menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rubrik forum website www.fotografer.net dengan kebutuhan informasi komunitas JePRET Unisba. Hal-hal yang dijelaskan dalam penelitian ini adalah topik yang sering dibahas melalui website (variabel X) meliputi: lensa (X1), aperture (X2), exposure (X3), dan kebutuhan informasi (variabel Y). Teori yang digunakan adalah teori komunikasi massa uses and gratification. Teori ini menjelaskan asal mula kebutuhan manusia secara psikologis dan sosial, yang menimbulkan harapan dari media massa. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota komunitas JePRET Unisba yang berjumlah 100 orang. Jumlah sampel yang diambil 50% dari setiap angkatan dan jumlah sampel yang terpilih 50 sampel. Probability sampling yang peneliti digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Metode yang digunakan adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian menggunakan uji statistik Rank Spearman. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh hasil yakni, terdapat hubungan yang signifikan antara Lensa dan Kebutuhan Informasi dengan kekuatan hubungan yang lemah. Terdapat hubungan yang signifikan antara Aperture dan Kebutuhan Informasi dengan kekuatan hubungan yang lemah. Terdapat hubungan yang signifikan antara Exposure dan Kebutuhan Informasi dengan kekuatan hubungan yang sedang.

Kata Kunci : Komunitas, Fotografi, Forum, Informasi

References


Bungin, Burhan . 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remajarosdakarya.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syadam, Gouzali. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gaya Media.

Wiksana, Wiki, 2007. Modul Dasar Fotografi. Bandung : Universitas Islam Bandung.

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-Dasr Public Relations. Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.148

Flag Counter   Â