Upaya Pr Hotel Prama Grand Preanger dalam Meningkatkan Pengguna Jasa Wedding di Hotel

Annisa Listyorini, Maman Suherman

Abstract


Abstract. This research is about the efforts made by public relations at the Prama Grand Preanger Hotel to increase users of wedding services in hotels. The method used in this research is qualitative method with case study approach. The purpose of this research is to find out what strategies are carried out by public relations in Prama Grand Preanger Hotel to increasing wedding service users, then knowing why wedding service users at Prama Grand Preanger Hotel are difficult to increase, and the last is knowing the obstacles faced by public relations Prama Grand Preanger Hotel to increasing wedding service users. The key informant in this study was Marketing Communications as public relations at the Prama Grand Preanger Hotel, Ms. Windy Hervidya. The results obtained by researchers based on the stages of the interview can be concluded that the placement of promotional media should be more considered from various perspectives so as not to seem useless, then the presence of wedding sales changes is the right decision considering previous sales wedding can never exceed the target every month, and the last is about the completeness of the wedding facilities at Prama Grand Preanger Hotel, it would be better to multiply it so that consumers do not choose other hotels for their wedding just because the wedding facilities at Prama Grand Preanger Hotel are considered incomplete or not in accordance with the wedding theme they want.

Keywords :  Public Relations, Wedding Services Users, Hotel, Marketing Communications.

Abstrak. Penelitian ini mengenai upaya yang dilakukan oleh public relations di Hotel Prama Grand Preanger untuk meningkatkan pengguna jasa wedding di hotel. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh public relations Hotel Prama Grand Preanger dalam meningkatkan pengguna jasa wedding, lalu mengetahui mengapa pengguna jasa wedding di Hotel Prama Grand Preanger sulit meningkat, dan yang terakhir adalah mengetahui hambatan yang dialami oleh public relations Hotel Prama Grand Preanger dalam meningkatkan pengguna jasa wedding. Key informant pada penelitian ini adalah Marketing Communications selaku public relations di Hotel Prama Grand Preanger, Ibu Windy Hervidya. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti berdasarkan tahapan wawancara dapat disimpulkan bahwa penempatan media promosi harus lebih dipertimbangkan dari berbagai sudut pandang agar tidak terkesan percuma, lalu adanya pergantian sales wedding merupakan keputusan yang tepat mengingat sales wedding sebelumnya tidak pernah bisa melampaui target setiap bulannya, dan yang terakhir adalah mengenai kelengkapan fasilitas wedding di Hotel Prama Grand Preanger alangkah lebih baiknya diperbanyak, supaya konsumen tidak memilih hotel lain untuk pernikahannya hanya karena fasilitas wedding di Hotel Prama Grand Preanger dinilai kurang lengkap atau tidak sesuai dengan tema pernikahan yang diinginkannya.

Kata Kunci :  Public Relations, Pengguna Jasa Wedding, Hotel, Marketing Communications.


Keywords


Public Relations, Pengguna Jasa Wedding, Hotel, Marketing Communications.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, M. Linggar. 2002. Teori dan Profesi Kehumasan. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Kotler, Philip & Gary Amstrong. 2003. Dasar-dasar Pemasaran , Principle of Marketing. Edisi 4. Jakarta : PAVEkonomi

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Nova, Firsan. 2009. Crisis Public Relations (Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan). Jakarta : Grasindo.

Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. 1996. Motivation in Education, Theory, Research, and Application . Ohio: Prentice Hall

Ruslan, Rosady. 2014. Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (Konsep dan Aplikasi). Jakarta : PT. Raja Grafindo




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14607

Flag Counter   Â