Kajian Opini Mahasiswa Unisba sebagai Viewers Intastory Boomerang Selebgram

Sartika Tsulistyawati Mandatika, Maya Amalia Oesman Palapah

Abstract


Abstract. The process of using @DJ_Freya instagram as a medium of communication and information for its followers, indirectly affects the improvement of @DJ_Freya's image in the eyes of viewers. The consistency and activity of the @DJ_Freya account in uploading activities that can attract the interest of the community to become their followers provide many benefits and conveniences for viewers. This also shows the seriousness of @DJ_Freya in establishing relationships with viewers, as well as providing interesting information for viewers. Therefore, using @DJ_Freya instagram can create a separate opinion from each follower, both who are active or passive. The purpose of this study was to determine the level of trust, feeling, perception of viewers towards the boomerang instastory of @DJ_Freya in instagram. The research method used is descriptive method, namely by systematically describing the conditions or characteristics of certain population factually. The data collection techniques carried out were questionnaires, interviews, and library studies, while the study population was 100 viewers, who were the active students of UNISBA selected by using the purposive sampling technique. The results showed that the viewers of the boomerang instastory of @DJ_Freya in Instagram had a high level of trust from the viewers, and had a good feeling and perception of the account. The account is considered to have a special attraction for the viewers, especially in information about culinary places that are packaged in the form of instastory. This initiative is considered very helpful for viewers in determining where to gather with their friends

Keywords: Instagram, Instastory, Opinion, Viewers

Abstrak. Proses penggunaan instagram @DJ_Freya sebagai media komunikasi dan informasi bagi para followernya, secara tidak langsung mempengaruhi peningkatan citra @DJ_Freya di mata viewers. Konsistensi dan keaktifan dari akun @DJ_Freya dalam mengupload kegiatan yang dapat menarik minat masyarakat untuk menjadi followernya memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi para viewers. Hal ini juga memperlihatkan keseriusan @DJ_Freya dalam menjalin hubungan dengan para viewers, serta memberikan informasi yang menarik bagi para viewers. Oleh karena itu, penggunaan instagram @DJ_Freya dapat menciptakan opini tersendiri dari setiap follower, baik yang aktif ataupun yang pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan, perasaan, presepsi viewers terhadap instagram instastory boomerang @DJ_Freya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yaitu dengan melukiskan secara sistematis kondisi atau karakteristik populasi tertentu secara faktual. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran angket, wawancara, dan studi kepustakaan, adapun populasi penelitian adalah 100 orang viewers, yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa viewers  dari instagram instastory boomerang @DJ_Freya memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap DJ Freya, serta memiliki perasaan dan  presepsi yang baik terhadap akun tersebut. Akun tersebut dianggap memiliki daya tarik tersendiri bagi para viewers nya, terutama dalam informasi mengenai tempat kuliner yang dikemas dalam bentuk instastory. Instastiry ini dinilai sangat membantu para viewers dalam menentukan tempat untuk berkumpul dengan teman-temannya

Kata Kunci : Opini, Instagram,  Instastory, Viewers


Keywords


Opini, Instagram, Instastory, Viewers

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Soemirat Soleh Prof, DR, M.S. 2010. Dasar – Dasar Public Relation. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Atmoko Dwi, Bambang. 2012. Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita.

Hearh Chip. 2007. Made to Stick. Strategi Agar Gagasan Kita Melekat di Benak Orang lain. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Bumi Aksara

Morrisan, M. A. 2010. Manajemen Publik Relations. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Preston, W.C. Dennison. 2008. Media Konvergensi. Terjemahan. PT Rosda Karya, Bandung.

Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.14356

Flag Counter   Â