Marketing Communication Strategy Of CUPS {Coffee & Kitchen} Descriptive Study of Marketing Communication Strategies in CUPS {COFFEE & KITCHEN} in the Breakfast Program

Mochamad Rizal Ramadhan

Abstract


Abstract. Breakfast is the symbol of Morning’s routine. This routinity creates fast-selling movement in food-and-beverage business. CUPS {COFFEE & KITCHEN} Café is one-stop place which utilizing this moment. They serve breakfast menu as a program to attract their customers to taste breakfast in a fancy way. However, so many competitors like street food and others cafés become the obstacle. Therefore, the researcher was curious to know about the marketing communication strategy used. This research used qualitative data and qualitative descriptive method in 7P communication concept. The researcher collected data and analyzed in a systematic way by doing some interviews addressed to the Marketing Manager, observation, and library research. The conclusion is the researcher found that breakfast program proved successfully attract new customers in several segments, especially their segment which is middle-up customers. It proves that the marketing communication strategy used is really effective.

Keywords: Café, marketing communication, breakfast

 

Abstrak. Sarapan adalah symbol rutinitas pagi hari, kebiasaan ini menjadikan menu sarapan laris di tempat manapun, salah satunya CUPS {COFFEE & KITCHEN} dengan memilih konsep Coffee Shop menyajikan menu sarapan sebagai program untuk menarik minat masyarakat yang ingin mencoba sarapan dengan cara yang berbeda. Namun adanya pesaing seperti penyaji sarapan di gerobak kaki lima (tradisional) dan Coffee Shop lainya yang juga punya menu sarapan (modern) merupakan hambatan bagi program yang dibikin oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN} maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh marketing CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Penelitian ini menggunakan data kualitatif metode kuantitatif deskriptif dengan konsep komunikasi 7P. Peneliti mengumpulkan, mengolah dan menganalisis secara sistematis mengenai strategi komunikasi pemasaran CUPS {COFFEE & KITCHEN} pada program sarapan pagi, dengan melakukan wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Wawancara dilakukan kepada orang-orang yang terkait dalam penelitian, yaitu pihak CUPS {COFFEE & KITCHEN}. Dari hasil penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil bahwa program sarapan pagi terbukti berhasil untuk menarik pengunjung dari berbagai kalangan terutama sasaran khalayak yang dituju, ini membuktikan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan sangatlah efektif sehingga bisa menjangkau target pasar dengan tepat sasaran.

Kata Kunci: Coffee Shop, Komunikasi Pemasaran, Sarapan Pagi.


Keywords


Coffee Shop, Komunikasi Pemasaran, Sarapan Pagi

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

A. Shimp Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta

Bachri, Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada. Penelitian Kualitatif. Universitas Negri Surabaya

Baker, Gary. 2000. Marketing Management. Twelve Edition. New York: MC Graw Hill, Inc

Buchari, Alma. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta.

Denzin and Lincoln. 2009. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka. Pelajar

Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosda karya

Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti

Fandi Tjiptono. (2001). Kualitas Jasa: Pengukuran, Keterbatasan dan Implikasi Manajerial, majalah Manajemen Usahawan Indonesia. Jakarta

Fill,Chris,1993, Marketing Communication Contects, Contents and Strategies Second edition .Singapore: Prectice hall

Istijanto. 2005. Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kartajaya, H (2007). Hermawan kartajaya on Segmentation, Bandung : PT. Mizan Pustaka

Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication –. Taktik dan Strategi. Jakarta. PT Buana Ilmu Populer

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi. 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kountur, R. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, Jakarta: PPM.

Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. edisi 7. Erlangga: Jakarta

Malhotra. 2005. Riset Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. remaja Rosdakarya

Mowen, John C. & Minor, Michael. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Mulyana, Dedy M.A.. 2005. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung.

Nasution. 1992. Metode Research, Jakarta : PT. Bumi Aksara

Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ruslan, Rosadi, 2000, Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations, Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada

Saladin, Djaslim. 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Karya

Sastropoetro Santoso, RA, 1991, Propaganda Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa. Alumni, Bandung

Sutisna & Pawitra. 2001. Perilaku Konsumen dan Konsumen Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Schiffman & Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta : Prentice Hall

Sugiyono.(2007).Metode Penelitian pedidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung

Suwarman, Ujang. 2002. Perilaku Konsumen. Bogor: Ghalia.

Suyanto., (2007), Marketing Strategy Top Brand Indonesia, Yogyakarta: Andi

Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta

Ustadiyanto, Riyeke & Silvia Ratna Ariani. 2002. Strategi Serangan Internet Marketing. Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.13455

Flag Counter   Â