Strategi CSR PT. JKS Realty (Studi Kasus Melalui Program CSR Jendela Dunia yang Dilakukan oleh PT. JKS Realty)

Irvan Ardian Nugraha, Maman Suherman

Abstract


Abstract. PT. JKS Realty is a company that carry out the Jendela Dunia Library.The library was founded in October 2017 assisted by Tunggadewi Foundations.The purpose of this research is: 1 ) To know the PR of PT. JKS Realty in developing image through CSR Jendela Dunia Library.2 ) To know the PR in addressing constraints on CSR Jendela Dunia Library.3 ) To know why PT. JKS Realty choose CSR Jendela Dunia Library to improve the image of company. The Literature review used public relations and the making of  image strategies, image, the community as a company stakeholders, and CSR implementations. CSR create the community perspective on image of a company. This research used a qualitative method with case study approach.The result of this research is the CSR programme that conducted by the company is for responsibility to the community and contribution to Bandung government. PT.JKS Realty have a partnership with Tunggadewi foundation in CSR Jendela Dunia Library is at developing the company images through many positive activity in the context of education that held on the library for social welfare community as for developing people life quality. This research expected to provide the strategy of PT JKS Realty in developing good images through CSR Jendela Dunia Library.

Keywords: PT. JKS Realty, Public Relations,Corporate Social Responsibility, Images.

Abstrak. PT JKS Realty adalah perusahaan yang melaksanakan program CSR perpustakaan Jendela Dunia. Perpustakaan ini didirikan pada bulan oktober tahun 2017 dengan dibantu pengelolaannya oleh Yayasan Tunggadewi. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui upaya PR PT JKS Realty dalam meningkatkan citra melalui program CSR perpustakaan Jendela Dunia. 2) Untuk mengetahui upaya PR dalam mengatasi hambatan pada program CSR perpustakaan Jendela Dunia. 3) Untuk mengetahui mengapa PT JKS Realty memilih program CSR Perpustakaan Jendela Dunia untuk meningkatkan citra perusahaan. Tinjuan pustaka yang digunakan adalah Public Relations (PR) dan strategi pembentukan citra, citra, masyarakat sebagai stakeholder perusahaan, dan implementasi program CSR. Dalam pelaksanaan kegiatan CSR dapat menciptakan pandangan masyarakat terhadap citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian yaitu bahwa pelaksanaan program CSR yang dilakukan oleh perusahaan adalah sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat dan kontribusi kepada Pemerintah Kota Bandung. PT. JKS Realty melakukan kerjasama dengan Yayasan Tunggadewi pada pelaksanaan program CSR Perpustakaan Jendela Dunia dalam meningkatkan citra perusahaan dengan melalui program kegiatan positif dalam konteks pendidikan yang dilaksanakan pada perpustakaan untuk kesejahteraan sosial masyarakat yaitu sebagai pengembangan kualitas hidup masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan hasil tentang strategi PT. JKS Realty dalam meningkatkan citra melalui program CSR perpustakaan Jendela Dunia.

Kata kunci: : PT. JKS Realty, Public, Relations, Corporate Social Responsibility, Citra



Keywords


PT. JKS Realty, Public, Relations, Corporate Social Responsibility, Citra

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Soemirat Soleh Prof, DR, M.S. 2011. Dasar – Dasar Public Relation. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung

Jefkins, Frank. 1998. Public Relations. Jakarta : Erlangga

Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility : Tansformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: Refika Aditama

Prastowo, Joko & Huda, Miftahul. 2011. Corporate Social Responsibility, Kunci Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudera Biru.

Yulianita, Neni. 2003. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbit Universitas (P2U) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam Bandung (LPPM UNISBA)

Jurnal :

C. Witri (2008). Implementasi “Corporate Social Responsibility†dalam Pembentukan Citra PT Pertamina UP III Bandung. (https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/265/115 diakses pada Rabu, 1 Agustus 2018 pukul 20.37)




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12935

Flag Counter   Â