Kegiatan Kampanye Internet Sehat Oleh Diskominfo Melalui Mobil Internet Gratis

Raden Meisa Merseli, Muhammad E Fuady

Abstract


Abstract. Along with the times, the internet is increasingly sophisticated, many people can access the internet freely. The current phenomenon is the number of false reporting cases, the lack of knowledge is one of the reasons people believe in news that is not necessarily true. In this study aims to describe and determine the success of the campaign: (1) the actual condition of the problem; (2) requirements to reduce problems; (3) the behavior of community members; (4) constructing content and messages; (5) characteristics of the target audience '(6) messages delivered; (7) Campaign Actors; (8) source credibility; (9) campaign implementation techniques; (10) messages are conveyed to the public, (11) messages are received by the public, (12) messages are remembered by the public. The method used in this study is descriptive qualitative data through in-depth interview techniques, observation, literature study, electronic media or the internet. This research was conducted to explain and find out the success of healthy internet campaign activities conducted by Diskominfo through free internet cars. Based on the results of the study found the process of Healthy Internet Campaign activities include: (1) Knowing the condition of internet abuse problems; (2) Cooperating with the Ministry of Communication and Information related to campaign activities; (3) conducting a survey to the previous location; (4) provide free Car Internet service facilities; (5) teenagers are more susceptible to internet abuse; (6) material regarding internet use; (7) ICT volunteers and Diskominfo team; (8) has an attraction; (9) issues that are reported to be material, Healthy Internet material will always be available, lasting 3 hours and participants of approximately 300 people; (10) message packaging is easy to digest; (11) the resource person is able to build the atmosphere; (12) able to answer the question and answer session.

Keywords: Internet, Diskominfo, Campaign.

Abstrak. Seiring perkembangan zaman, internet semakin canggih banyak masyarakat dapat mengakses internet secara bebas. Fenomena yang terjadi saat ini yaitu banyaknya kasus pemberitaan palsu, kurangnya pengetahuan menjadi salah satu alasan masyarakat percaya akan berita yang belum tentu benar adanya. Dalam penelitian ini bertujuan untuk memaparkan dan menentukan keberhasilan kampanye: (1) kondisi masalah sebenarnya; (2) syarat-syarat mengurangi masalah; (3) perilaku anggota masyarakat; (4) mengkontruksi isi dan pesan; (5) karakteristik khalayak sasaran’ (6) pesan yang disampaikan; (7) Aktor Kampanye; (8) kredibilitas sumber; (9) teknik pelaksanaan kampanye; (10) pesan tersampaikan kepada khalayak, (11) pesan diterima oleh khalayak, (12) pesan diingat oleh khalayak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif data kualitatif melalui teknik wawancara mendalam, observasi, studi pustaka, media elektronik atau internet. Penelitian ini dilakukan untuk memaparkan dan mengetahui keberhasilan kegiatan kampanye internet sehat yang dilakukan Diskominfo melalui mobil internet gratis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan proses kegiatan Kampanye Internet Sehat diantaranya: (1) Mengetahui kondisi masalah penyalahgunaan internet; (2) Bekerja sama dengan Kominfo terkait dalam kegiatan kampanye; (3) melakukan survei ke lokasi sebelumnya; (4) menyediakan fasilitas layanan Mobil Internet Gratis; (5) kalangan remaja lebih rentan terhadap penyalahgunaan internet; (6) materi mengenai penggunaan internet; (7) relawan TIK dan tim Diskominfo; (8) memiliki daya tarik; (9) isu yang dilaporkan menjadi bahan materi, materi Internet Sehat akan selalu ada, berdurasi 3 jam dan peserta kurang lebih 300 orang; (10) pengemasan pesan mudah dicerna; (11) narasumber mampu membangun suasana; (12) mampu menjawab sesi tanya jawab.

Kata Kunci: Internet, Diskominfo, Kampanye.


Keywords


Internet, Diskominfo, Kampanye

Full Text:

PDF

References


Arni, Muhammad. 2002. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Goldberg, Alvin A dan Larson, Carl E. 2006. Komunikasi Kelompok Proses-Proses Diskusi dan Penerapannya. Jakarta: UI Press.

Moleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. Rosdakaraya

Mulyana, Deddy, 2012, Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Venus, Antar. 2009. Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi, Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Fuady, M.E. 2005. “Cybercrimeâ€: Fenomena Kejahatan melalui Internet di Indonesia†dalam Jurnal Mediator, Vol. 6, No. 2, 2005




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12725

Flag Counter   Â