Program “Pilkada†Perusahaan Rabbani Sebagai Kegiatan PR

Dewi Hera Marina, Subur Drajat

Abstract


Abstract. One of the public relations activities are building a positive image of the company and promote to the community through an event or activity. This study focuses on how the PR activities in Rabbani company in an event called "Pilkada" in determng future fashion trends. The method used in this study is a Qualitative method with a Case Study approach, with data collection used through library studies, field studies include non-participant observation, interviews, and documentation and internet sources. Subjects in this study amounted to 3 (three) key informants two informants namely Ridwanul Karim and Citra Mayasari and one person as a supporting informant that is Ayu Lestari. The results of this study are (1) the reason "Pilkada" held Rabbani aims in the future and to know the wishes of consumers; (2) Pilkada process conducted by Rabbani in determng fashion trend through the process of disseminating information and how to handle the obstacles that occur; (3) the result of Pilkada activities conducted by Rabbani produce, impact, benefit and hope, fashion to come.

Keywords: Public relations activities, processes, outcomes.

Abstrak. Salah satu kegiatan public relations yaitu membangun citra positif perusahaan dan mempromosikan kepada masyarakat melalui suatu event atau kegiatan. Penelitian  berfokus pada bagaimana kegiatan PR di perusahaan Rabbani dalam event yang bernama “Pilkada†dalam menentukan trend fashion kedepannya. Metode yang digunakan dalam penelitian  adalah metode Kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus, dengan pengumpulan data yang digunakan melalui studi kepustakaan, studi lapangan meliputi observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi serta sumber internet. Subjek dalam penelitian berjumlah 3 (tiga) key informan dua informan yakni Ridwanul Karim dan Citra Mayasari dan satu orang sebagai informan pendukung yakni Ayu Lestari. Hasil dari penelitian  yaitu (1) alasan “Pilkada†diadakan Rabbani bertujuan di masa yang akan datang dan untuk mengetahui keinginan konsumen; (2) proses “Pilkada†yang dilakukan oleh Rabbani dalam menentukan trend fashion melalui proses penyebaran informasi dan cara menangani hambatan-hambatan yang terjadi; (3) hasil kegiatan dari “Pilkada†yang dilakukan oleh Rabbani menghasilkan, dampak, manfaat dan harapan, fashion yang akan datang.

Kata Kunci: Kegiatan public relations, proses, hasil. 


Keywords


Kegiatan public relations, proses, hasil

Full Text:

PDF

References


Buttle, Francis. 2007. Customer Relationship Management (Manajemen Hubungan

Pelanggan). Terjemahan oleh Arief Subiyanto. Malang : Bayu Media Publishing.

Noor, Any. 2009. Manajement Event. Bandung : Alfabeta.

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen Public relations dan Media Komunikasi. Penerbit

PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta

Temporal, Paul dan Martin Troot. 2002. Romancing the Customer. Terjemahan oleh

Kusnandar. Jakarta: Salemba Empat.

Yuliantita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public relations. LPPM Unisba. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.12263

Flag Counter   Â