Sikap Koperasi Angkutan Kota terhadap Keberadaan Transportasi Online (Studi Deskriptif Perkumpulan Koperasi Batalyon Angkutan Mares Hansip VIII/14 Bandung Tertib Kota Bandung)

Dandy Wanca Daman Jaya, Neni Yulianita

Abstract


Abstract. Transportation is the movement of human or thing from one to another place by using rides both in human or machine control. Transportation is very important to human, because it supports in doing daily activities. Along the information technology’s development, nowadays show up the new type of public transportation which is base on online system, such us GRAB, GO-JEK, and UBER. For its existence, comes to perspective;proactive and contradictive between conventional public transportation’s driver and online driver. A descriptive-quantitative method is used by author for this research. It purposes to draw the fact sistematically or the characteristics of certain population or field, factually and carefully. Then the technique of collecting data is interview, as a mine data collector, observation and litelature study as suppoting reference. The author selected six persons as respondents by using purposive sampling technique with certain consideration. By using the theories and methods are already mentioned above, author could get the result of the research;knowing the reactions of conventional public transportation association (koperasi) to the existence of online transportation.

Keywords : Transportation, Communication, Descriptive, Behaviour

Abstrak.  Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahana yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi sangat penting untuk manusia, karena memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, saat ini muncul jenis transportasi umum baru yakni transportasi umum berbasis online seperti GRAB, GO-JEK dan UBER. Dengan adanya transportasi berbasis online maka terjadi pro dan kontra di kalangan pelaku sopir angkutan kota dengan sopir transportasi online. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis fakta atau karakteristik populasi tertentu atau bidang tertentu secara faktual dan cermat. Kemudian menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara sebagai alat pengumpulan data yang pokok, observasi dan studi kepustakaan sebagai referensi pendukung dalam melakukan penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil 6 orang sebagai responden dengan pemilihan responden menggunakan teknik sampling purposive sampling dengan pertimbangan tertentu. Dengan menggunakan teori dan metode yang penulis gunakan maka dalam penelitian ini penulis mendapatkan hasil seperti mengetahui sikap koperasi angkutan kota terhadap keberadaan transportasi online.

Kata kunci: Transportasi, Komunikasi, Deskriptif, Sikap.


Keywords


Transportasi, Komunikasi, Deskriptif, Sikap

Full Text:

PDF

References


Buku

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta.

Ardianto, Elvinaro. 2011. Metode Penelitian Untuk Public Relation Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Mulyana, Deddy. 2011. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. Rosdakarya.

Miro, Fidel, 2012. Pengantar Sistem Transportasi. Jakarta: Erlangga

Mohammad Hasyim. 1982. Penuntun Dasar Kearah Penelitian Masyarakat. Surabaya: Bina Ilmu.

Prastowo, Andi. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogjakarta: Diva Press.

Rakhmat, Jalaludin. 2004. Metode Penelitian Komunikasi . Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Pace, R. Wayne dan Don F. Faules, Komunikasi Organisasi: Strategi meningkatkan kinerja perusahaan (Editor Dedy Mulyana,MA,Ph.D)PT Remaja Rosdakarya:Bandung, 2006.

Ruslan, Rosady. 2016. Manajemen Public Relation & Media Komunikasi. Jakarata: PT. Raja Grafindo Persada.

Sastropoerto, R. A. Santoso. 1990. Pendapat Publik, Pendapat Umum, dan Pendapat Khalayak Dalam Komunikasi Sosial. PT. Remaja Rosda Karya.

Sedarmayanti, Syarifudin Hidayat. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R& D. Bandung: Alfabeta

Supranto, J. 2000, Statistik Teori Dan Aplikasi, edisi ke 6. Jakarta: Erlangga.

Internet:

“Pengertian Ojek Online “,http://www.suduthukum.com/2017/03/ojek-online.html. Tanggal akses 27 oketober 2017, pk 17:43 WIB

https://kbbi.web.id/kemudi. Tangga akses 27 Oktober 2017, pk 17:00

Kompas.com.12/10/2017. "Imbas Taksi "Online", Hampir 7.500 Angkot di Bandung Raya Dikandangkan", http://regional.kompas.com/read/2017/10/12/17514431/imbas-taksi-online-hampir-7500-angkot-di-bandung-raya-dikandangkan. Tanggal akses 24 oktober 2017, pk.

“Ranah Afektifâ€, https://www.wawasanpendidikan.com/2016/08/Ranah-Afektif-Pengertian-dan-Aspek-Aspek-serta-Hubungannya-dengan-Ranah-Kognitif-dan-Psikomotorik.html. Tanggal akses 7 Maret 2018,pk 13.20

“Pengertian Transportasi Onlineâ€, http://belajarpsikologi.com/pengertian-transportasi-online.html. Tanggal akses 1 Maret 2018, pk 18.02

“Struktur Sikapâ€, https://ambilgratis.com/2014/05/02/struktur-sikap-afektif-konatif-kognitif.html. Tanggal akses 11 Maret 2018, pk 20.45




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11950

Flag Counter   Â