STRATEGI KOMUNIKASI PENYIAR RADIO MARA FM DALAM PROGRAM MARA MORNING

Bernas Beriana, Wulan Trigartanti

Abstract


Penyiar memiliki peran strategis yang dapat menentukan maju mundurnya sebuah stasiun radio. Sosoknya menjadi salah satu kunci inti yang mengarahkan pada posisi atau rating sebuah stasiun radio melalui program-program yang dipandunya. Radio Mara FM Bandung adalah salah satu stasiun yang program-programnya dipandu oleh penyiar profesional yang dalam tugasnya berupaya untuk melaksanakan strategi komunikasi penyiar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh penyiar radio Mara FM Bandung khususnya dalam program Mara Morning (MarMor) yang terdiri dari komunikasi gagasan, komunikasi kepribadian, proyeksi kepribadian, strategi pengucapan, dan strategi kontrol suara. Penelitian menggunakan metode deskriptif dengan data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara tatap muka, dan studi kepustakaan. Objek penelitian adalah program MarMor, sedangkan subjeknya adalah para penyiar program MarMor. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan strategi komunikasi penyiar radio Mara FM dalam program MarMor secara umum telah berjalan dengan baik antara lain dari penggunaan bahasa yang lancar, penyiar fokus dengan materi yang disampaikan, dan mereka juga telah memanfaatkan perangkat ekspresi untuk mendukung komunikasinya. Masing-masing penyiar MarMor juga telah memiliki kepribadian yang berbeda satu dengan yang lain, bersikap ramah baik ketika siaran maupun di luar siaran, telah cukup berhasil dalam pengucapan dan umumnya telah mampu mengontrol suara ketika siaran. Kondisi tersebut diyakini telah memberikan dampak positif terhadap penerimaan pendengar di mana program MarMor menjadi salah satu program yang memiliki banyak pendengar di antara program-program pagi di radio lain.

References


Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Baird, Lois (Ed). 1992. Guide to Radio Production. Sydney: Australian Film Television and Radio

School

Bakhtiar, Saeful. 2007. Cara Gampang Jadi Penyiar. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Percetakan

Galangpress

Effendy, Onong Uchyana. 2002. Ilmu. Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya

Bakti

______. 2007. Ilmu Komunikasi (Teori dan Praktek). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

______. 2008. Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju

Masduki. 2005. Jurnalistik Radio: Menata Profesionalisme Reporter dan Penyiar. Yogyakarta:

LkiS

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: Referensi

Romli, Asep Syamsul M.. 2004. Broadcast Journalism: Panduan Menjadi Penyiar. Reporter. dan

Scriptwriter. Bandung: Penerbit Nuansa

_______. 2005. Kamus Jurnalistik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

_______. 2012. Dasar-Dasar Siaran Radio: Basic Announcing. Bandung : Nuansa

Yulia, Wanda. 2010. Andai Aku Jadi Penyiar. Yogyakarta: Andi Offset




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.117

Flag Counter   Â