Implementasi Pendekatan New-Corporate Relation dalam Membina Hubungan dengan Stakeholder

Aghni Shofura, Maman Chatamallah

Abstract


Abstract. There are lots of scamming on a pilgrim’s journey nowadays which is conducted by hajj and umrah travel agency. In 2017, thousands of pilgrims cannot take to the road for umrah. This case has induced anxiety among the public. Public trust in the Hajj and Umrah travel bureau has fallen which resulted in the community more selective in choosing the Hajj and Umrah travel bureau. MazQ Tour and Travel applying a new-corporate relation approach with internal and external corporate public. This study aims to discover and analyze: (1) applying the concept of advantageous to build cooperation with the internal public; (2) applying the concept of partnership to develop sustainable activities with the external public; (3) The West Java Consortium Alliance activities in preventing travel bureau of hajj and umroh committing fraudulent congregation.The method used in this research is qualitative method with case study approach through open and in-depth interview technique, observation, and document study that relevant to research. The Subject of this research consisted of four informants; they are Kokom Siti Komariah and Nugraha Al Afgani as key informant and two other informants as support informant.Based on research results can be seen that the implementation of the new-corporate relation approach of MazQ Tour and Travel are: (1) family approaches are used as a reference to carry out activities to build cooperation with the internal public, (2) informal communication used as reference to develop sustainable activities with external public, and (3) making The West Java Consortium Alliance as education facilities for hajj and umrah travel agency.

Keywords: New-Corporate relation, Stakeholder Relations, Hajj and Umrah Travel Agency.

 

Abstrak. Saat ini, banyak kasus penipuan pemberangkatan jemaah umrah dan haji yang dilakukan oleh biro perjalanan haji dan umrah. Pada tahun 2017, ribuan jemaah tidak bisa berangkat umrah. Hal ini menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Kepercayaan masyarakat terhadap biro perjalanan haji dan umrah menurun yang mengakibatkan masyarakat lebih selektif memilih biro perjalanan haji dan umrah. MazQ Tour and Travel mengimplementasikan pendekatan new-corporate relation dengan publik internal dan eksternal perusahaan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis: (1) implementasi konsep kebermanfaat dalam membangun kerjasama dengan publik internal; (2) implementasi konsep kemitraan dalam membangun kegiatan yang berkesinambungan dengan publik eksternal; (3) Kegiatan Aliansi Konsorsium Jawa Barat dalam mencegah biro perjalanan haji umrah melakukan tindak penipuan jemaah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus melalui teknik wawancara terbuka dan mendalam, observasi, dan studi dokumen yang relevan dengan penelitian. Subjek penelitian terdiri dari empat informan yakni Kokom Siti Komariah dan Nugraha Al Afgani sebagai informan kunci dan dua narasumber sebagai informan pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa implementasi pendekatan new-corporate relation MazQ Tour and Travel yaitu: (1) pendekatan kekeluargaan digunakan sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan dalam membangun kerjasama dengan publik internal, (2) komunikasi informal digunakan sebagai acuan untuk membangun kegiatan yang berkesinambungan dengan publik eksternal, dan (3) menjadikan Aliansi Konsorsium Jawa Barat (AKBAR) sebagai sarana edukasi untuk biro perjalanan haji dan umrah.  

Kata Kunci : New-Corporate Relation, Stakeholder Relations, Biro Perjalanan Haji dan Umrah

Keywords


New-Corporate Relation, Stakeholder Relations, Biro Perjalanan Haji dan Umrah

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. 1993. Human Relations dan Public Relations. Bandung:

CV Mandar Maju.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Liliweri, Alo. 1997. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: Citra Aditya Bakti

Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja.

Rosdakarya.

Pace, R. Wayne dan Don. F. Faules. 2001. Komunikasi Organisasi: Strategi

Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yulianita, Neni. 2012. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Pusat Penerbitan

Universitas. (P2U)

Sumber Lain

Lindawati, Ang Swat Lin dan Marssella Eka Puspita. Malang. “Corporate social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimasi Gap dalam Peningkatan Kinerja Perusahaan,†dalam Jurnal Akuntansi Multiparadigma, Vol.6, No. 1, April 2015 (hal 157-174) diakses pada 15 Februari 2018

Chatamallah, Maman. Bandung. “Strategi “Public Relations†dalam Promosi Pariwisata: Studi Kasus dengan Pendekatan “Marketing Public Relations†di Provinsi Banten,†dalam Mediator: Jurnal Komunikasi, Vol. 9, No. 2, Desember 2008 (hal 393-402) diakses pada 30 Juni 2018

Nursalikah, Ani. 2018. “Tiga Faktor Penyebab Jumlah Jamaah Umrah Indonesia Menurun, //www.republika.co.id/berita/jurnal-haji/berita-jurnal-haji/18/03/13/p5iitg366-tiga-faktor-penyebab-jumlah-jamaah-umrah-indonesia-menurun, diakses pada 1 Juli 2018

Nadia, Ambaranie. 2017. “Pengusaha Hotel Asal Arab Saudi Laporkan Bos First Travel ke Bareskrimâ€, https://nasional.kompas.com/read/2017/08/25/17145011/pengusaha-hotel-asal-arab-saudi-laporkan-bos-first-travel-ke-bareskrim, diakses pada 1 Juli 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11536

Flag Counter   Â