Implementasi Komunikasi Profetik oleh Guru sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami

Vina Kemala Hakim, Ani Yuningsih

Abstract


Abstract. Implementation of religious values is part of character education. Communication is the key to carrying out the effort to establish an Islamic character. Prophetic communication is a new term of communication science that refers to the pattern of the Prophet Muhammad can be implemented in the formation of Islamic character. Discussion on this research includes teacher role, applied values, model, method, and instructional media used by teacher in applying prophetic communication as effort to establish Islamic character. The purpose of this study is to determine the role of teachers, values applied, models, methods, media used, and the reasons for the use of special methods in the implementation of prophetic communication on teaching and learning activities. The method of this research is qualitative with case study approach. The case study design used was a holistic single. Data collection techniques used were in-depth interviews, field observations, and literature studies. Key informant in this research is Head of Assalaam Elementary School of Bandung, class teacher, and teacher of Islamic Religious Education (PAI). The results of this study indicate that the implementation of prophetic communication by teachers as an effort to establish Islamic character in Assalaam Elementary School Bandung has similarities with educational and instructional communication, but by using a special method from Rasulullah saw. as well as modern media with a character education-based learning model that prioritizes prophetic content.

Keywords: Communication, Prophetic, Education, Character, Assalaam Elementary School Bandung.

Abstrak. Penerapan nilai religius merupakan bagian dari pendidikan karakter. Komunikasi merupakan kunci untuk melaksanakan upaya pembentukan karakter islami tersebut. Komunikasi profetik yang merupakan istilah baru dalam ilmu komunikasi yang mengacu pada pola komunikasi kenabian Rasulullah Muhammad saw. dapat dikatakan sesuai dalam melaksanakan pembentukan karakter islami tersebut.  Pembahasan pada penelitian ini mencakup peranan guru, nilai-nilai yang diterapkan, model, metode, dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menerapkan komunikasi profetik sebagai upaya pembentukan karakter islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru, nilai-nilai yang diterapkan, model, metode, media yang digunakan, dan alasan penggunaan metode khusus dalam penerapan komunikasi profetik pada kegiatan belajar mengajar. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Desain studi kasus yang digunakan adalah tunggal holistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi lapangan, dan studi kepustakaan. Key informan dalam penelitian ini adalah Kepala SD Assalaam Bandung, guru kelas, dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi komunikasi profetik oleh guru sebagai upaya pembentukan karakter islami di SD Assalaam Bandung memiliki persamaan dengan komunikasi pembelajaran dan instruksional, namun dengan menggunakan metode khusus ala Rasulullah saw. serta media modern dengan model pembelajaran berbasis pendidikan karakter yang mengutamakan konten kenabian.

Kata Kunci: Komunikasi, Profetik, Pendidikan, Karakter, SD Assalaam Bandung.


Keywords


Komunikasi, Profetik, Pendidikan, Karakter, SD Assalaam Bandung.

Full Text:

PDF

References


Antonio, Muhammad Syafii. 2007. Muhammad SAW The Super Leader Super Manager. Jakarta: Prophetic Leadersip&Management Centre.

Darmawan, Kiki Zakiah. "Komunikasi Instruksional dalam Proses Pembelajaran Mahasiswa." MediaTor (Jurnal Komunikasi) 7.1 (2006): 125-138.

Kuntowijoyo. 2005 Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: PT. Bentang Pustaka.

Ruswandi, 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Syahputra, Iswandi. 2007. Komunikasi Profetik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Syahputra, Iswandi. 2017. Paradigma Komunikasi Profetik: Gagasan dan Pendekatan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Wahab, Rohmalina. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.11382

Flag Counter   Â