TANGGAPAN MASYARAKAT TERHADAP KARAKTERISTIK IKLAN PROVIDER TELEPON SELULER MELALUI MEDIA LUAR RUANG WALL PAINTING Hendra Andhika Asri, Neni Yulianita
Abstract
Abstract. The development of advertisement is getting diverse from time to time. This is caused by the greater needs of an effective advertising. As a result, nowadays, some ads using an alternative media starts to be introduced. This marketing concept is well understood by PT. XL Axiata, which starts to use the out-door wall painting promotion strategy. People’s response on this characteristic of mobile phone provider advertisement through the out-door wall painting is further elaborated as the main problems of this study, which its goals are to find out the visual, message, and location characteristic of the advertisements. The study uses a descriptive method. The data is obtained by spreading questionnaires as well as conducting literature reviews. The sample is taken by using a simple random sampling, while the population taken is 230 people who live around the location of wall painting ads, which is in the area of RT. 3 RW. 1, Kelurahan Tamansari. The sample is calculated by using the Yamane formula which results 70 samples. Based on the analysis and discussion of the research findings, it can be concluded that the three characteristics contained in these ads are the three factors that will support each other. Thus, it needs sort of perfection in the making process to meet the expected result.
Â
Kata Kunci: Advertisemen, Wall Painting, mobile phone, Out-Door Media
Abstrak. Perkembangan iklan dari waktu ke waktu semakin beragam. Hal ini disebabkan karena kebutuhan iklan yang efektif semakin besar. Akibatnya saat ini mulai dikenal iklan dengan menggunakan media alternatif. Aplikasi dari konsep pemasaran ini sangat dipahami oleh PT. XL Axiata dengan memanfaatkan strategi promosi melalui pengecatan dinding luar bangunan rumah. Tanggapan Masyarakat Terhadap Karakteristik Iklan Provider Telepon Selular XL Melalui Media Luar Ruang Wall Painting dijabarkan lebih lanjut sebagai inti permasalahan untuk diteliti dengan tujuan penelitian yaitu, untuk mengetahui karakteristik visual, karakteristik pesan, dan karakteristik lokasi iklan. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode deskriptif. Data diperoleh dari hasil penyebaran angket dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel acak sederhana (simple random sampling). Sedangkan populasi yang diambil adalah masyarakat yang tinggal di dekat lokasi wall painting provider telepon seluler yaitu masyarakat RT 3 RW 1 kelurahan Tamansari yang berjumlah 230 orang. Sampel penelitian dihitung dengan menggunakan rumus Yamane sehingga menghasilkan 70 orang sampel. Berdasarkan analisis dan pembahasan dari data hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ketiga karakteristik yang terdapat dalam iklan tersebut merupakan ketiga faktor yang akan saling mendukung. Dengan demikian, butuh kesempurnaan dalam pembuatanya agar dapat menciptakan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.
Kata Kunci: Iklan, Wall Painting, Telepon Selular, Â Media Luar Ruang
Â
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Durianto, Sugiarto, Widjaja dan Supratikno, 2003. Inovasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Effendy, Onong Uchjana. 1986. Humas Suatu Studi Komunikasi. Bandung: CV. Remaja Karya.
Jefkins, Frank. 1997. Periklanan. Alih Bahas Haris Munandar. Cetakan kedua. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium.Jakarta :Prenhalindo.
Mulyana, Dedy. 2007. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar – Rev ed, cet 9. Bandung : PT Remaja Rosda karya.
Santosa, Sigit. 2009. Creative Advertising. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sendjaja. 1994. Teori-Teori Komunikasi. Jakarta :Universitas Terbuka.
A, Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta Erlangga.
Shirvani, Hamid. 1985. The Urban Design Process. New York : Van Nostrand Reinhold.
Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Yogyakarta :Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.113
  Â