Tanggapan Pengunjung terhadap Event Cardinal X Talent yang Diselenggarakan oleh Cardinal Indonesia

Rizjan Aulia Rizky, Nurrahmawati Nurrahmawati

Abstract


Abstract. The great potential of starting the development of garment business conducted by Cardinal Indonesia, by starting his business in the 1970s using the concept of home industry from since the establishment of this company is able to become a pioneer and pioneer in the garment industry in the city of Bandung. This inovation of company make Cardinal products can be leading among garment companies in West Java within the last 10 years due to good management system has been run Over time, this company has programs in marketing their products, one of them in the event of talent search in units of sales on a large scale such as the Grand Mall Yogya Kepatihan Bandung where the unit of sales is the largest in the city of Bandung of a consignment system. The program is Cardinal X Talent and Cardinal Art and Culture Competition, with the goal of attracting the attention of consumers to products owned by Cardinal. But the inovation effort by using event activities as a form of promotion, public showed that dont antuasiasmenya in following the activities and event consumers tend to decrease sales as the impact of the event of Cardinal in Bandung City.With a case study of Cardinal product sales decline in Grand Yogya Kepatihan Bandung, the authors draw the conclusion that it can be written as scientific papers because it looks to have a GAP between promotion through the event of sales that can be variable in this study. This research uses Descriptive method where research whose main purpose is to describe something and usually characteristic or function. Another feature of descriptive research is not making comparisons or connecting with other variables. With the target respondent is the community of Bandung City which became the population is the consumer in Cardinal located in Grand Yogya Kepatihan, with calculations using the Iteration model. The results of this study can be a reference to increase sales of garment products where the company uses activities as a form of promotion, and this research can be a development for further research.

Keywords: Event, Event Promotion, Garment Selling Product

Abstrak. Potensi besar mengawali perkembangan bisnis garment yang dilakukan oleh Cardinal Indonesia, dengan mengawali usahanya pada tahun 1970-an menggunakan konsep industri rumahan dari semenjak berdirinya perusahaan ini mampu menjadi pelopor dan pioneer didalam industri garment di Kota Bandung. Terobosan-terobosan didalam perusahaan ini menjadikan produk Cardinal dapat leading diantara perusahaan-perusahaan pakaian jadi di Jawa Barat dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dikarenakan sistem manajemen yang baik telah dijalankan Seiring berjalannya waktu, perusahaan ini memiliki program-program dalam memasarkan produk mereka, salah satunya dalam ajang pencarian bakat di unit-unit penjualan dalam skala besar seperti di Mall Grand Yogya Kepatihan Kota Bandung dimana pada unit penjualannya adalah yang terbesar di Kota Bandung dalam bentuk sistem konsinyiasi. Bentuk dari program tersebut adalah Cardinal X Talent dan Cardinal Art and Culture Competition, dengan sasaran dapat menarik perhatian konsumen terhadap produk-produk yang dimiliki oleh Cardinal. Namun usaha terobosan dengan menggunakan kegiatan acara sebagai bentuk promosi, animo masyarakat Kota Bandung yang menjadi konsumen Cardinal tidak menunjukkan antuasiasmenya dalam mengikuti kegiatan tersebut bahkan cenderung menurunnya penjualan sebagai dampak dari acara tersebut.Dengan adanya studi kasus penurunan penjualan produk Cardinal di Grand Yogya Kepatihan Kota Bandung, penulis menarik kesimpulan bahwa hal tersebut dapat ditulis sebagai karya tulis ilmiah karena terlihat memiliki GAP antara promosi melalui event terhadap penjualan yang dapat menjadi variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode Descriptive dimana penelitian yang tujuan utamanya adalah menggambarkan sesuatu dan biasanya karakteristik atau fungsi. Ciri lain dari penelitian deskriptif adalah tidak membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel lain. Dengan target respondennya adalah masyarakat Kota Bandung yang menjadi populasi adalah konsumen di Cardinal yang berlokasi di Grand Yogya Kepatihan, dengan perhitungan menggunakan model Iterasi. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan untuk meningkatkan penjualan produk-produk garment dimana perusahaannya menggunakan kegiatan sebagai bentuk promosi, dan penelitian ini dapat menjadi pengembangan untuk penelitian selanjutnya.

Kata Kunci: Event, Promosi Kegiatan, Penjualan Produk Garment


Keywords


Event, Promosi Kegiatan, Penjualan Produk Garment

Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Keller, K. (2012). Marketing Management. Pearson Canada: Toronto.

Noor, Juliansyah. (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media

Tjiptono, Fandy, (2008), Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10310

Flag Counter   Â