Strategi Promosi Brand Cosmic di Media Sosial Instagram

Laras Permatasari, M E Fuady

Abstract


Abstract. From the past also the city of Bandung has become a fashion shopping destination. The world of fashion is very closely related to the elements of communication.Seeing from the many competition in the world of fashion, especially the distro in the city of Bandung, requires a strategy to be able to maintain a brand, especially Cosmic brand, which uses Markeing Public Relations strategy in social media Instagram. According to RosadyRuslan (2010), the concept of marketing public relations consists of three strategies in implementing the program to achieve the goals, namely: push strategy, pull strategy, and pass strategy. Each of these tactical strategies can help stimulate the existence of Brand Cosmic.In this study, researchers used descriptive method using qualitative data where researchers aimed at describing the situation and events of this study did not seek or explain the relationship, did not test the hypothesis or make predictions. Descriptive research is intended to: (1) collect actual detailed information describing existing symptoms, (2) identify problems or examine prevailing conditions and practices, (3) make comparisons or evaluations, (4) determine what people do others in facing the same problem and learning from their experiences to set future plans and decisions.Pull Strategy Cosmic brand done in social media Instagram about discounts, special rates for member cards, and vouchers. Push Strategy made by Cosmic brand in social media Instagram by giving reward from questionnaire which where followers, promotion from official account line, do promote promote from public figure, which through a public figure is expected to help brand Cosmic better known by public and also able to enhance the image of Cosmic brand itself. Pass Strategy made by Cosmic brand in social media Instagram that is, menggunggah events event sponsorship, event of national day, Corporate Social Responsibility program, and School Of Joy program.

Keywords: Marketing Public Relations, Instagram, Promotion Mix



Abstrak. Dari dulu pula Kota Bandung sudah menjadi tujuan wisata belanja fashion. Dunia fashion sangat erat kaitannya dengan unsur komunikasi.Melihat dari banyak persaingan di dunia fashion, khususnya distro di Kota Bandung, memerlukan strategi untuk dapat mempertahankan sebuah brand, khususnya brand Cosmic, yang menggunakan strategi Markeing Public Relations di media sosial Instagram.Menurut Ruslan (2010), konsep marketing public relations terdiri dari tiga strategi dalam melaksanakan program guna mencapai tujuan, yaitu: push strategy, pull strategy, dan pass strategy.Masing-masing strategi taktik tersebut dapat membantu merangsang keberadaan Brand Cosmic.Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan data kualitatif dimana peneliti bertujuan memaparkan situasi dan peristiwa penelitian ini tidak mencari atau menjelaskan hubungan, tidak menguji hipotesis atau membuat prediksi.Penelitian deskriptif ditujukan untuk : (1) mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang melukiskan gejala yang ada, (2) mengidentifikasi masalah atau memeriksa kondisi dan praktek-praktek yang berlaku, (3) membuat perbandingan atau evaluasi, (4) menentukan apa yang dilakukan orang lain dalam mengadapi masalah yang sama dan belajar dari pengalaman mereka untuk menetapkan rencana dan keputusan pada waktu yang akan datang.Pull Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram mengenai potongan harga, harga khusus untuk member card, dan voucher.Push Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram dengan memberikan reward dari kuisioner yang dimana para followers,promosi dari official account Line, melakukan paid promote dari public figure, yang mana melalui seorang public figure diharapkan dapat membantu brand Cosmic lebih dikenal oleh masyarakat luas dan juga mampu meningkatkan citra dari brand Cosmic itu sendiri.Pass Strategy yang dilakukan brand Cosmic di media sosial Instagram yaitu, menggunggah kegiatan-kegiatan event sponsorship, event hari besar nasional, program Corporate Sosial Responsibility, dan program School Of Joy.

Kata Kunci: Komunikasi Kelompok, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi


Keywords


Komunikasi Kelompok, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. 2011. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: SimbiosaRekatama Media

Djaslim Saladin, 2007, Manajemen Pemasaran, Bandung; Linda Kary.

Effendy, OnongUchjana. 2002. Hubungan Masyarakat Suatu Studi Komunikologis. Bandung: RemajaRosdakarya.

Jefkins, Frank. 2004. Public Relations. Jakarta: PT. Erlangga.

Kasali, Rhenald. 2007. Membidik Pasar Indonesia Segmentasi Targeting Positioning.Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana.

Mulyana, Deddy. 2002 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rakhmat, Jalaludin. 2009. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, Rosady. 2007. Manajemen Public Realtions & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Wasesa, Agung dan Macnamara. 2005. Strategi Public Relations. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Yulianita, Neni. 2007. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Penerbit LPPM UNISBA.

Jurnal:

Kotler, Philip and William Mindak. 1978. “Marketing and Public Relations.â€Journal of Marketing, Vol. 42(4) 13-20

Hasbiansyah, O. “PendekatanFenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasiâ€. Jurnal Mediator. Vol. 9. No. 1 Juni.

David Hariantodan Hartono. 2013. “Analisis Pengaruh Kuallitas Layanan, Brand Image dan Atmosfer terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Interveningâ€. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.1 No.1. Universitas Kristen Petra. Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10248

Flag Counter   Â