Strategi Komunikasi Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam Mensosialisasikan Mesin Parkir Elektronik

Reggy Pribawana, Oji Kurniadi

Abstract


Abstract. In July 2017 Bandung city official launches electronic parking machine in some corners of the city of Bandung. Electronic Parking machine is made to minimize wild parking levy and also the administrative parking previously considered less appropriate. The purpose of this research is to know the design of the message is done Dishub the city of Bandung in disseminating the parking machine, choice of media used as a process of socialization, as well as how the dissemination carried out by the Office of The Relationship Of Bandung City. The current method used in this research is qualitative method with approach case studies. Data collection methods used in this study is a non participant observation, interviews, the study of librarianship and documentation. The data obtained are then analyzed using a triangulation of sources and triangulation theory. The results of this research show that the activity of designing messages that are done by Dishub Bandung is choosing the target service users, the message that is persuasive, and the communication of the two stages. Then the selection of the media used by Dishub Bandung is doing socialization through social media, print media, as well as news coverage in the mass media of television. After that to find out the effectiveness of the dissemination done is knowing the barriers for socializing done after that doing an evaluation to find out the extent to which the development of the electronic parking machine.

Keywords: Electronic Parking Machine, Parking, Socialization, Dishub



Abstrak. Pada bulan Juli 2017 Kota Bandung resmi meluncurkan mesin parkir elektronik yang terdapat dibeberapa sudut Kota Bandung. Mesin Parkir Elektronik ini dibuat untuk meminimalisir retribusi parkir liar dan juga adminstrasi perparkiran yang sebelumnya dirasa kurang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perancangan pesan yang dilakukan Dishub Kota Bandung dalam mensosialisasikan mesin parkir, pemilihan media yang digunakan sebagai proses sosialisasi, serta bagaimana sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi non partisipan, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan perancangan pesan yang dilakukan oleh Dishub Kota Bandung adalah memilih sasaran pengguna jasa parkir, pesan yang bersifat persuasif, dan komunikasi dua tahap. Kemudian pemilihan media yang digunakan oleh Dishub Kota Bandung adalah melakukan sosialisasi melalui media sosial, media cetak, juga media massa seperti pemberitaan di televisi. Setelah itu untuk mengetahui efektifitas dari sosialisasi yang dilakukan adalah mengetahui hambatan-hambatan selama sosialisasi yang dilakukan setelah itu melakukan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dari mesin parkir elektronik.

Kata Kunci: Mesin Parkir Elektronik, Parkir, Sosialisasi, Dishub


Keywords


Mesin Parkir Elektronik, Parkir, Sosialisasi, Dishub

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2013). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, Onong Uchjana. 2000. Ilmu Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Jakarta: Corporate and Marketing Comunication.

Shoelhi, Mohammad. 2009. Komunikasi Internasional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/.v0i0.10027

Flag Counter   Â