Analisis Ketentuan Penetapan Harga Menurut Ibnu Taimiyah Terhadap Penetapan Harga Daging Sapi di Kios Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung

Arief Setyo Wicaksono, Zaini Abdul Malik, Sandy Rizki Febriadi

Abstract


Abstract. Ibn Taimiyah states that; rising and falling prices are not always caused by the unfair actions of some people involved in the transaction. Related to that, the level of meat selling price margin at Kiwi Anugerah Pasar Ciroyom dignified price ranges from 16% to 18% of the base price. The existence of these levels is certainly based on several factors of consideration and certain methods. About this Kiosk Anugerah Pasar Ciroyom has its own strategy which may be different from the management of other trading companies. Based on the phenomenon, the authors feel interested to examine more about the policy of meat pricing in Kios Anugerah Pasar Ciroyom in terms of the concept of Ibn Taimiyah thought. The formulation of the research is poured in the form of questions as follows: How to analyze the provision of pricing according to Ibn Taimiyah against the determination of the price of beef in Anugerah Pasar Ciroyom dignified Bandung City? While the purpose of this study is to determine the analysis of pricing provisions according to Ibn Taimiyah against the determination of beef prices at Anugerah Pasar Ciroyom dignified Bandung City. The research method used in the preparation of this research is by using analytical descriptive method by examining the policy of determining the price of meat in Kios Anugerah Pasar Ciroyom dignity Bandung according to the perspective of the concept of price determination in the sale and purchase according to Ibn Taimiyah. Technique of data collecting is done through observation / field study and literature study and data analysis is done through qualitative approach. The conclusion of this study is the determination of the selling price of merchandise not pegged to the amount of capital or production costs that are planted, but Ibn Taimiyah returns to the seller's trade skills or market mechanism (supply and demand). The policy of determining the selling price of beef in Kios Anugerah Pasar Ciroyom dignified Bandung City based on the results of research done by the method of variable costing where the selling price is based on several varied costs and only calculated in gross (gross). And the determination of the price of PD Anugerah meat has been in accordance with the provision of pricing according to Ibn Taimiyah.

Keywords : Price, Sale and Purchase, and Beef.

Abstrak. Ibnu Taimiyah menyatakan bahwa ; naik dan turunnya harga tidak selalu disebabkan oleh tindakan tidak adil dari sebagian orang yang terlibat transaksi. Terkait hal tersebut, tingkat margin harga jual daging  pada Kios Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat yang berkisar antara 16 % sampai 18 % dari harga dasar. Adanya tingkat tersebut tentunya berdasarkan beberapa faktor pertimbangan dan metode tertentu. Mengenai hal ini Kios Anugerah Pasar Ciroyom mempunyai strateginya tersendiri yang mungkin berbeda dengan manajemen perusahaan dagang lainnya. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penulis merasa tertarik untuk mengkaji lebih jauh mengenai kebijakan penentuan harga daging di Kios Anugerah Pasar Ciroyom ditinjau dari konsep pemikiran Ibnu Taimiyah. Rumusan penelitian dituangkan dalam bentuk pertanyaan sebagai berikut : Bagaimana analisis ketentuan penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah terhadap penetapan harga daging sapi di Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung ? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis ketentuan penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah terhadap penetapan harga daging sapi di Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif analitis dengan meneliti kebijakan penentuan harga daging yang ada di Kios Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung menurut perspektif konsep penentuan harga dalam jual beli menurut Ibnu Taimiyah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi / studi lapangan dan studi literatur serta analisa data dilakukan melalui pendekatan yang bersifat kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah penentuan harga jual barang dagangan tidak terpatok pada jumlah modal atau biaya produksi yang ditanam, namum Ibnu Taimiyah mengembalikan pada usaha (skill dagang) si penjual atau mekanisme pasar (supply and demand). Kebijakan penentuan harga jual daging sapi di Kios Anugerah Pasar Ciroyom Bermartabat Kota Bandung berdasarkan hasil penelitian dilakukan dengan metode variable costing dimana harga jual didasarkan kepada beberapa biaya yang variatif dan hanya dihitung secara kotor (bruto). Dan penentuan harga daging PD Anugerah telah sesuai dengan ketentuan penetapan harga menurut Ibnu Taimiyah.




Keywords


Harga, Jual Beli, dan Daging Sapi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v4i1.9900

Flag Counter   Â