Tinjauan Fikih Muamalah terhadap Side Streaming dalam Pelaksanaan Akad Wakalah pada Pembiayaan Murabahah di BJB Syariah Kantor Pusat Braga Kota Bandung

Resti Risnawati, Neneng Nurhasanah, Eva Misfah Bayuni

Abstract


Abstract. Wakalah contract implementation procedure on murabahah financing opens up the possibility of side streaming, ie the purchase of goods does not match the original purpose. This happens in BJB Syariah ie there are purchases of goods by the customer that is not in accordance with the agreement in the beginning. This study aims to determine the effect of side streaming law that occurs in the application of wakalah contract in murabahah financing in syariah bank, wakalah in murabahah financing in BJB Syariah Center Braga City Bandung and fikih muamalah review of side streaming in wakalah on murabahah financing in BJB Syariah Head Office Braga City of Bandung. The research method used in the preparation of this research is to use qualitative analysis that is doing side stream analysis in the implementation of akad wakalah on murabahah financing in BJB Syariah Braga City Office Bandung by parsing and describing the mechanism of wakalah in murabahah financing and analyze the case of side streming done the customers of BJB Syariah, then reviewed from the perspective of jurisprudence muamalah. Conclusions from this study; first, due to side streaming law that occurs in the application of wakalah contract in murabahah financing in sharia bank is the occurrence of fasakh on the financing contract. Second, wakalah in murabahah financing in BJB Syariah Center Braga City Bandung conducted with trading scheme accompanied by a system of representation where the BJB Syariah provide power to the customer to buy goods which become the object of financing murubahah which in practice occurred side streaming in BJB Syariah with the percentage very small. Thirdly, the jurisprudence review muamalah against side streaming in wakalah on murabahah financing in BJB Syariah Braga City Office Bandung is included in the contract that Fasakh. As for the settlement of the occurrence of the fasakh the BJB Shariah and the Customer must perform a readdress and the settlement is done through the right consensus.

Keywords : Murabaha, Wakalah, Financing, and Side Streaming.

Abstrak. Prosedur pelaksanaan akad wakalah pada pembiayaan murabahah membuka kemungkinan terjadinya side streaming, yaitu pembelian barang tidak sesuai dengan tujuan awal. Hal ini terjadi di BJB Syariah yaitu ada pembelian barang oleh pihak nasabah yang tidak sesuai dengan perjanjian di awal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akibat hukum side streaming yang terjadi dalam penerapan akad wakalah pada pembiayaan murabahah di bank syariah, wakalah dalam pembiayaan murabahah di BJB Syariah Pusat Braga Kota Bandung dan tinjauan fikih muamalah terhadap side streaming dalam wakalah pada pembiayaan murabahah di BJB Syariah Kantor Pusat Braga Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis kualitatif yaitu melakukan analisis side streaming dalam pelaksanaan akad wakalah pada pembiayaan murabahah di BJB Syariah Kantor Pusat Braga Kota Bandung dengan cara mengurai dan mendiskripsikan mekanisme wakalah dalam pembiayaan murabahah serta menganlisa kasus side streming yang dilakukan pihak nasabah BJB Syariah, kemudian ditinjau dari perspektif fikih muamalah. Simpulan dari penelitian ini; pertama, akibat hukum side streaming yang terjadi dalam penerapan akad wakalah pada pembiayaan murabahah di bank syariah adalah terjadinya fasakh pada akad pembiayaan tersebut. Kedua, wakalah dalam pembiayaan murabahah di BJB Syariah Pusat Braga Kota Bandung dilakukan dengan skim jual beli disertai sistem perwakilan dimana pihak BJB Syariah memberikan kuasa kepada pihak nasabah untuk membeli barang yang menjadi objek pembiayaan murubahah yang pada praktiknya terjadi side streaming di BJB Syariah dengan persentase yang sangat kecil. Ketiga, tinjauan fikih muamalah terhadap side streaming dalam wakalah pada pembiayaan murabahah di BJB Syariah Kantor Pusat Braga Kota Bandung termasuk ke dalam akad yang Fasakh. Adapun penyelesaian terjadinya fasakh tersebut pihak BJB Syariah dan Nasabah harus melakukan akad ulang dan penyelesaiannya dilakukan melalui musyawarah mufakat.

Kata Kunci : Murabahah, Wakalah, Pembiayaan, dan Side Streaming.


Keywords


Murabahah, Wakalah, Pembiayaan, dan Side Streaming.

Full Text:

PDF

References


Abdulkadir Muhammad, HukumPerikatan, Citra AditiyaBakti, Bandung, 1990, Hlm. 78.

Abdullah Saeed, Bank Islam dan Bunga (Studi Kritis Larangan Riba dan Interpretasi Kontemporer), Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2004, hlm.139.

Adiwarman A. Karim, AnalisisFiqihdanKeuangan, IT Indonesia, Jakarta, 2003, hlm. 161.

DSN MUI, Himpunan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI, CV Gaung Persada, Jakarta 2006. Hlm. 26

Muchdarsyah, Sinungan. Manajemen Dana Bank, PT. BumiAksara, Jakarta, , 2000, Hlm. 102

Permadi Gandapradja, Dasar dan Prinsip Pengawasan Bank, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2004, Hlm. 21.

Rachmad Syafeí, Fiqih Muamalah, CV. Pustaka Setia, cet. Ke-2, Bandung, 2004, hlm. 43.

Syamsul Anwar, Hukum Perjanjian Syari’ah, Studi tentang Teori Akad dalam Fikih Muamalat, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2007, hlm. 92.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v4i1.9395

Flag Counter   Â