ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN NASABAH KARTU KREDIT KONVENSIONAL DAN SYARIAH (Studipada BNICabangGaneshadanBNI SyariahCabangBuahBatuBandung)

rian suwari suwari

Abstract


Kata Kunci: KepuasanNasabah, KartuKreditKonvensionaldanSyariah

Perkembanganpenggunaankartukreditterjadidengancepatkarenaadabanyakkemudahan yang diperolehdaripenggunaankartukredit.Kartukreditdinilailebihefektifdanefisiendibandingkandenganalatpembayaranlain, sehinggalebihdikenal pula di tengahmasyarakat. Saatinitidakhanya bank konvensionalsaja yang menerbitkankartukredit, bank syariah pun mengeluarkanprodukSyariah Card. Jikadilihatdarisegipersamaanmaupunperbedaanataukeunggulanmaupunkelemahan, kartukreditkonvensionaldanHasanah Cardjelaslahberbeda. Hal itudapatberpengaruhterhadapjumlahdantingkatkepuasannasabahpenggunakartukredititusendiri.Olehkarenaitu, tujuanpenelitianadalahuntukmengetahuitiga (3) tujuan, yaituuntukmengetahui: (1) tingkatkepuasannasabahkartukredit BNI Kantor CabangGanesha, (2) tingkatkepuasannasabahHasanah CardBNI SyariahCabangBuahBatu, (3) perbandingantingkatkepuasannasabahkartukreditkonvensionaldansyariah.

Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodedeskriptifverifikatif.Teknikpengumpulan data yang dilakukanmelaluikuesioner yang disebarkankepadanasabahkartukredit BNI cabangGaneshamaupun BNI cabangBuahBatu, wawancaradenganpihak bank danstudipustaka.Analisis data dilakukandengananalisisstatistikdeskriptifdananalisisstatistikpengujianhipotesismenggunakanrank spearmandenganaplikasiStatistical Product and Service Solution (SPSS) 20.00 for windowsuntukmengetahuitingkatkepuasanmasing-masing bank sertaanalisisperbandingantingkatkepuasandarikedua bank tersebut.

Hasilpenelitianmenunjukanbahwa (1) tingkatkepuasannasabahpenggunakartukreditkonvensional BNI CabangGaneshaberadapadaklasifikasi yang baik/tinggidenganskor 3,71, (2) tingkatkepuasannasabahpenggunaHasanah Card BNI SyariahCabangBuahBatuberadapadaklasifikasi yang baik/tinggidenganskor 3,88, (3)Hasilnyasignifikansi 0,052 > 0,05, maka   diterima, artinyatidakterdapatperbedaantingkatkepuasannasabahpenggunakartukreditkonvensional BNI cabangGaneshadenganHasanah Card BNI SyariahcabangBuahBatu.




DOI: http://dx.doi.org/10.29313/syariah.v0i0.888

Flag Counter   Â